Kebakaran Besar Di Dhaka Bangladesh


http://harian44.blogspot.com/

Harian79 - Dari kasus kebakaran dahsyat ini puluhan orang tewas setelah kebaran melanda bangunan apartemen yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia di wilayah Dhaka, Bangladesh tersebut.

Menurut petugas pemadam kebakaran yang disana, peristiwa itu terjadi di Chawkbazar, Dhaka, pada Rabu kemarin, sekira pukul 10.40 malam waktu setempat. Namun hingga pagi hari Kamis ini, api masih belum dapat terkontrolkan atau dipadamkan.

Dikutip dari laman Harian79, pada hari Kamis tanggal 21febuari2019, operasi penyelamatan pun masih terus berlanjut.

Petugas pemadam kebakaran memberikan informasi tentang beragam mengenai jumlah korban yang tewas, mulai dari 45 orang hingga 69 orang. Sementara itu, saat ini 50 orang lainnya terluka, termasuk diantaranya beberapa mengalami sekarat atau kritis.Diperkirakan pada saat ini, jumlah mereka yang tewas terus meningkat dari sebelunya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran setempat Ali Ahmed mengatakan bahwa api tersebut mungkin juga bisa berasal dari tabung gas, sebelum api cepat menyebar melalui gedung dimana bahan kimia yang sangat mudah terbakar itu telah disimpan.

Api berkobar-kobar melalui empat bangunan yang bersebelahan gedung tersebut dan juga digunakan sebagai gudang letak bahan kimia, termasuk untuk menyimpan butiran plastik-plastik yang mudah terbakar dan semprotan wewangian.

"Ada kemacetan pada saat kebakaran terjadi, jadi orang yang ada di apartemen tidak dapat langsung melarikan diri," kata si Ahmed dan Ia menggambarkan bahwa kota tersebut memiliki banyak jalan yang sempit.

Pada kesempatan yang sama, pejabat pemadam kebakaran lainnya mengatakan kepada wartawan bahwa kobaran api sudah mengecil tetapi masih tidak dapat dipadamkan, meskipun 200 petugas telah ditugaskan.

"Ini juga akan memakan waktu, karena tidak seperti kobaran api biasa lainnya," kata Ahmed.
"Api juga menjadi sangat dahsyat karena bahan kimia yang sangat mudah terbakar itu berada di sana,". Perlu diketahui juga, kebakaran tersebut juga pernah terjadi di sebuah bangunan tua di Dhaka, pada tahun 2010 lalu.

pokerjingga.me

Peristiwa tersebut juga terjadi di lokasi yang sama persis, karena lokasi tersebut berfungsi sebagai gudang bahan kimia. Kebakaran itu kemudian sudah di jelaskan yang hingga menewaskan 120 orang dan dianggap sebagai tragedi kebakaran terburuk di kota Dhaka.