harian44 – para petugas PT KAI Daop 8 dari Surabaya telah
menebarkan keceriaan kepada para penumpang KA di Stasiun KA Surabaya Gubeng dan
juga Stasiun Pasar Turi, ketika mereka telah menerima secara gratis dalam berbagai
bingkisan suvenir pada Hari Pelanggan Nasional 2019.
PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya akan melakukan berbagai
kegiatan dalam menyemarakkan Hari Pelanggan Nasional 2019 ini. Para petugas
stasiun juga akan menyapa langsung para penumpang KA dengan sapaan yang berupa kalimat
selamat Hari Pelanggan Nasional.
Serta akan membagikan ratusan suvenir agar bisa menarik
kepada penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasarturi, baik bagi
mereka yang berada di stasiun maupun yang ada di atas kereta api yang sedang
berhenti.
Salah satunya contohnya adalah pembagian souvenir di
dalam KA Mutiara Timur Siang (KA 87) relasi Surabaya Gubeng-Banyuwangi. Selain
itu, ada juga dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya yang ikut melakukan seremonial dengan
memberikan salam penghormatan saat keberangkatan KA tersebut.
" Menyapa, serta memberikan salam hormat dalam membagikan
suvenir kepada penumpang KA adalah salah satu sebagai bentuk apresiasi dari kami
di Hari Pelanggan Nasional kepada para pelanggan kereta api yang sudah setia
menggunakan kereta api kami. Kami akan terus memberikan dan meningkatkan pelayanan
yang terbaik kepada para pelanggan," kata Manajer Humas Daop 8 Surabaya
Suprapto pada, Rabu (4/9/2019).
Ada sebanyak 800 lebih suvenir yang telah disiapkan KAI
Daop 8 Surabaya dalam kegiatan untuk diberikan kepada penumpang KA dalam
kegiatan Hari Pelanggan Nasional ini. Untuk terus mendengungkan Hari Pelanggan
Nasional di area stasiun tersebut.
Seluruh petugas dan frontliner (petugas loket, customer
service, kondektur) yang akan segera bertugas juga akan ikut memberi salam
" Selamat Hari Pelanggan ," setelah salam cuaca kepada para penumpang
KA dan juga para pengujung stasiun.
" Selamat Hari Pelanggan. Serta Terima kasih atas
kepercayaan Anda telah memilih kereta api sebagai moda transportasi. Anda
adalah prioritas kami,” tutur Suprapto.
Jumlah Penumpang
Telah tercatat dalam jumlah penumpang KA yang ada di
wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya selama tahun 2018 berjumlah total 11.292.719
penumpang. Jumlah ini telah naik sampai 9,5
persen dibanding tahun 2017 dengan jumlah penumpang sebanyak 10.315.954
orang.
Adapun rincian dari beberapa jumlah penumpang KA di tahun
2018 berdasarkan kelas dari keretanya di antaranya :
Kereta Eksekutif = 1.551.374 orang
Kereta Bisnis = 523.044 orang
Kereta Ekonomi = 3.359.959 orang
Kereta Lokal Ekonomi = 5.858.342 orang
Sudah ditargetkan pada tahun 2019 ini, dalam jumlah
penumpang yang telah naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya sudah mencapai
11.863.839, atau naik sebesar 5,1 persen
dibandingkan dengan tahun 2018 lalu.
Untuk jumlah penumpang yang ada di KA wilayah PT KAI Daop8 Surabaya, pada periode 1 Januari 2019 hingga periode 31 Agustus 2019 telah mencapai
sebanyak 8.145.683 penumpang atau sebesar 6,16 persen di atas dari program
dalam kurun periode sama sebesar yaitu 7.672.742 penumpang.
" Diharapkan dengan semakin baiknya system peningkatan
kenyamanan dan pelayanan di transportasi kereta api, ini bisa menjadi suatu daya
tarik bagi para pelanggan dan juga masyarakat untuk bisa menggunakan
transportasi kereta api sebagai sebuah mobilitas kesehariannya," ucap Suprapto.
Suprapto juga menambahkan bahwa, untuk angka kemacetan
jalan raya bisa dikurangi dengan menggunakan cara membudayakan menggunakan
transportasi massal seperti kereta api tersebut. Tentunya akan dibutuh dukungan
dari semua stake holders yang ada di wilayah Jawa Timur ini, terutama dari
pihak pemuda dalam mewujudkan suatu transportasi yang akan saling terintegrasi
antara modal transportasi yang ada.