Pindah Ibu Kota, TNI Bakal Bangun Markas Besar di Kutai Kertanegara

Pindah Ibu Kota, TNI Bakal Bangun Markas Besar di Kutai Kertanegara

 http://harian44.blogspot.com/


Harian44 - Dikabarkan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan dipindahkan ke  markas besar jika ibu kota sudah pindah ke Kalimantan Utara. Dan awalnya TNI akan menjadikan salah satu wilayah di Kabupaten Kutai Kertanegara sebagai  tempat markas besar.

Dari Instansi militer termasuk rencana pemindahan mabes tni bersama dengan jajarannya keberadaan di wilayah kutai kertanegara. Dan akan  merencanakan dengan 117 KM di wilayah ibu kota nantinya," tentu penjelesan dari Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto ketika sedang rapat bersama Pansus Pemindahan Ibu Kota di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Kamis (26/9/2019).

Dan tentang Pemindahan markas TNI juga tidak jauh dari potensi ancaman militer atau bahkan non militer dari dalam dan luar negeri.

Joni menjelaskan, bahwa ibu kota negara baru akan berdekatan dengan batas darat negara Malaysia kiranya dengan jarak 6202 Km. Dan juga berbatasan dengan Malaysia di laut. Bahkan di udara dekat dengan Filipina, dan juga Singapura.


Diketahui  bahwa Kekuatan militer negara tetangga, Malaysia kemudian Australia, Brunei, Singapura, Filipina, China dan US," menurut Joni.

Joni juga mengatakan, bahwa tidak semua anggotanya dipindahkan ke ibu kota baru. Satuan di luar mabes direncanakan akan menambahkan ke mabes TNI. Sementara personil Mabes yang dipindahkan ke ibu kota sekitar 5737.   

Bahkan juga ada jumlah personil yang mengikuti pemindahan Mabes TNI ke ibu kota baru sekitar 5737 orang," dari penjelasan Joni.

 http://harian44.blogspot.com/


TNI juga mengusulkan Kodam Khusus pengamanan ibu kota untuk angkatan darat. Serta, Kodam VI Mulawarman di Kalimantan Selatan dan Kodam XII Tanjungpura di Kalimantan Tengah diberikan penambahan gelar kekuatan.

Untuk angkatan laut, kata Joni, perlu ditambah yaitu Lanal Sambas, Lanal Ketapang.

"Kemudian TNI AU selain satuan yang sudah tergelar di pulau Kalimantan diperlukan beberapa penambahan gelar kekuatan lainnya yaitu Lanud Tipe A, Skudron tempur, skuadron angkut, skuadron teknik, skuadron pengamanan ibu kota, resimen pertahanan udara detasemen pertahanan udara, rumah sakit dan rumah dinas," jelas Joni.

 http://loginpokerjingga.com/index.php