Berjibaku Dalam Menjaga Amanah, Komitmen Driver Ojol Demi Kepuasan Pelanggan


harian44, Dalam keseharian ada kalanya jika kita akan membutuhkan pertolongan dari orang lain untuk mencapai tujuan. Namun, untuk itu kita juga bisa menyandarkan tujuan ke orang lain juga harus didasari rasa kepercayaan agar hati senantiasa dapat merasa bebas dari rasa was-was.

Bentuk yang paling sederhana ialah dapat memanfaatkan layanan transportasi online untuk mengantarkan Anda sampai ke tempat tujuan. Entah itu untuk tujuan masuk kantor agar tidak telat, memercayakan antaran anak ke sekolah, atau bisa pulang dengan beristirahat di dalam mobil, sementara sang driver juga menjaga amanah Anda untuk sampai ke tempat tujuan mereka.

Ya, seperti sama halnya para driver Gojek yang dapat senantiasa siap menjaga amanah para pelanggan untuk sampai ke tempat tujuan. Bukan hanya tanpa alasan karena para driver Gojek telah dibekali pengetahuan dan juga pelatihan agar menjadi #PenjagaAmanah yang baik. Bahkan ada juga tanpa disadari, driver Gojek telah menjadi pahlawan yang dapat diandalkan setiap hari oleh para penggunanya maupun baik bagi para pelajar, pekerja kantoran, maupun ibu rumah tangga. 

1. Hospitality (Service Excellence)

Gojek yang saat ini sedang berusaha menjadikan mitra driver yang berkualitas. Dalam rangka meningkatkan kualitas driver, Gojek dapat memfasilitasi pelatihan pelayanan prima. Tak hanya sebatas menjaga kebersihan driver saja, tapi driver jempolan yang juga harus memiliki tingkah sopan, ramah, dan gesit dalam menjawab kebutuhan pengguna Gojek

2. Bengkel Belajar Mitra (BBM)

Setiap bulan, para pengemudi Gojek dapat mengikuti lokakarya. Dengan topik yang selalu berganti, pengemudi Gojek diberi pengetahuan bukan hanya tentang keunggulan layanan atau fitur yang user friendly saja. Tapi mereka juga dapat diberi pengetahuan tentang pelatihan pertolongan pertama seperti (P3K), kelas bahasa Inggris, manajemen keuangan, bengkel otomotif, hingga mengenai bidang kewirausahaan. Program BBM ini juga akan berlangsung di lima kota, di Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, dan juga Makassar. 

3. Road Safety dari Rifat Drive Labs (RDL)

Ini merupakan sebuah sesi pelatihan kolaboratif dengan tim dari Rifat Sungkar, untuk dapat meningkatkan pengetahuan serta kemampuan pengemudi dalam berkendara dengan juga aman. Pelatihan ini diberikan teratur oleh tim operasional Gojek. Pada tahun 2019 telah ada lebih dari 350 ribu pengemudi Gojek yang menyelesaikan pelatihan RDL

4. Integrity (Anti Sexual-Harassment)

Gojek sebagai penyedia salah satu transportasi online yang dapat diandalkan dan juga senantiasa menghadirkan driver yang bisa dipercaya. Mereka bukan juga hanya berpengetahuan betapa luas tentang rute terbaik saja. Mereka juga telah diberi pengenalan serta ada juga pelatihan tentang anti kekerasan dan pelecehan seksual. Pelatihan ini dilakukan agar para penumpang dapat juga mengandalkan layanan Gojek kapan pun, di mana pun mereka membutuhkan, tanpa ada rasa khawatir nantinya. 


Tak hanya itu, selain mereka telah dibekali berbagai pelatihan di atas para driver juga ada memberdayakan diri dengan membentuk komunitas yang dapat saling berbagi pengalaman dan gotong royong memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Contohnya, ada juga komunitas dari Gerakan Bersih Ranjau Paku (GBRP) yang selalu digagas para driver untuk meminimalisir pengendara lain mengalami kecelakaan dalam lalu lintas. Saat ini sudah ada lebih dari 80 anggota GBRP yang rutin dapat membersihkan para ranjau paku di jalan raya setiap minggunya. Selain itu, ada juga yang komunitas lain yang seperti peduli sesama, seperti Elite Squad Fghter, sebuah komunitas driver tuli di mana bertujuan mengumpulkan driver tuli untuk berlatih bahasa isyarat bersama dan juga saling membantu dalam keseharian saat bekerja.

Ya, Gojek juga berkomitmen tak hanya sekadar layanan transportasi online semata, lebih dari itu Gojek juga akan senantiasa ingin mengembangkan individu yang dapat memberikan social impact bagi masyarakat sekitar sebagai #PenjagaAmanah yang dapat diandalkan dalam berbagai kondisi.