Terjebak 50 tahun di India, Kakek Wang akhirnya pulang ke China

 
http://harian44.blogspot.com/
Perang tetaplah meninggalkan banyak kesengsaraan dan penderitaan bagi yang mengalaminya. Banyak kisah memilukan yang terjadi akibat perang.

salah satunya terjadi pada pria ini. Pria ini bernama Wang Qi asal China. Pria ini baru saja kembali ke china setelah hampir 50 tahun terjebak di India. Hati wang berdebar saat pesawat  yang membawanya tiba di beijing , china, dia pulang ke rumahnya setelah setengah abad.

Kisah ini bermula saat dia masih muda, Dia adalah seorang prajurit muda yang tergabung dalam Tentara pembebasan Rakyat Tiongkok saat perang pecah antara india dan China pada tahun 1962. Saat itu dia ditugaskan sebagai pegawas yang di tempatkan di perbatasan kedua negara.
http://harian44.blogspot.com/
1 tahun kemudian, dia tersesat dan masuk ke wilayah teritorial India, dan di tangkap oleh prajurit India. Selama tujuh tahun ,Wang di pindahkan dari satu sel ke sel tahanan lainnya. Tentara india saat itu telah menyuruh dia agar memulai kehidupan baru disana. kemudian Wang pun menikahi gadis lokal dan membangung keluarga, bahkan wang sudah memiliki cucu.

Meskipun telah setengah abad, namun wang tetap rindu akan kampung halamannya. Wang pernah meminta izin untuk pulang ketemu ibunya, akan tetapi permohonan itu di tolak. 
www.pokerjingga.org
akhirnya BBC yang mendengar kisah wang ini, berusaha mempertemukan mantan tentera yang malang ini dengankeluarganya. Akhirnya wang Qi dapat berkomunikasi dengan kakak tertuanya yang saat ini telah berusia 82 tahun. Akhirnya setelah 50 tahun, wang dapat bertemu lagi dengan keluarganya.