Gempa 6,9 SR Guncang Chile

Gempa 6,9 SR Guncang Chile

http://harian44.blogspot.com/


Gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter (SR) telah mengguncang wilayah Chile. Sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban.
Menurut Survei ,seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (25/4/2017), pusat gempa terjadi di sekitar 38 kilometer lepas pantai kota resor Valparaiso. Gempa terjadi pada kedalaman sekitar 9,8 kilometer.

Setelah gempa berlangsung, otoritas setempat langsung memerintahkan seluruh warga untuk meninggalkan daerah-daerah yang rawan terjadi gempa seperti pantai sebagai pencegahan menghadapi kemungkinan tsunami. Namun kemudian perintah evakuasi tersebut dibatalkan setelah tak ada gelombang tsunami yang terjadi.

Badan darurat nasional Chile, ONEMI menjelaskan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban luka-luka akibat gempa yang terjadi pada hari Senin (24/4) pukul 18.30 waktu setempat.

www.pokerjingga.org

Sebelumnya juga pernah terjadi gempa pada September 2015, gempa yang berkekuatan 8,3 SR mengguncang wilayah Chile utara yang dilanjutkan dengan gelombang tsunami. Tercatat sebanyak 15 orang tewas dalam bencana tersebut. Di tahun 2010, gempa berkekuatan 8,8 SR yang diikuti dengan gelombang tsunami juga menerjang wilayah Chile selatan dan tengah.Korban gempa tersebut tercatat lebih banyak, Lebih dari 500 orang tewas dalam bencana alam tersebut.