Material Nuklir Dicuri, Meksiko Terapkan Status Siaga

Material Nuklir Dicuri, Meksiko Terapkan Status Siaga

http://harian44.blogspot.com/

Komplotan pencuri di Meksiko berhasil mencuri material nuklir yang akan digunakan dalam peralatan medis. karena kejadian tersebut, otoritas Meksiko langsung menerapkan status siaga di sejumlah negara bagian.
Bahan nuklir yang sudah dicuri tersebut sangat berbahaya jika tidak digunakan dengan benar. Kementerian Dalam Negeri Meksiko menjelaskan, bahan nuklir tersebut, iridium berada di dalam peralatan industri X-ray yang  sempat dicuri dari sebuah truk di Tlaquepaque, negara bagian Jalisco.

"Ini adalah peralatan industri yang mencakup Iridium-192... yang akan berdampak bahaya bagi orang-orang jika itu dikeluarkan dari kontainernya," Jelas Kementerian Dalam Negeri Meksiko.

Tidak menunggu lama lagi ,Kementerian pun mengeluarkan peringatan siaga untuk negara-negara bagian Jalisco, Colima, Nayarit, Aguascalientes, Guanajuato, Michoacan, San Luis Potosi, Durango dan Zacatecas.

www.pokerjingga.org

Jika bahan material tersebut sudah ditemukan, otoritas meminta masyarakat untuk menjauh sekitar 30 meter dan menelepon petugas-petugas lokal untuk meminta bantuan.

Insiden tersebut bukan yang pertama kali terjadi di Meksiko. Dari tahun 2013, sudah terjadi kurang lebih  tujuh kasus pencurian material radioaktif di wilayah Meksiko. Sejauh ini, semua material tersebut berhasil ditemukan tanpa insiden.