Mengapa Curhat Bisa Melegakan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Mengapa Curhat Bisa Melegakan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

http://harian44.blogspot.com/


Orang yang terpuruk atau tertekan karena sedang dilanda masalah disarankan oleh ahlinya agar bercerita kepada orang lain dan jangan dipendam sendirian. Hal itu bertujuan agar 'beban' bisa berkurang karena bila dibiarkan terlalu lama akibat nya akan menimbulkan gangguan kesehatan mental.
Contoh nya ketika Pangeran Harry dari Inggris memendam rasa sedih akibat ditinggal sang ibu di usia yang masih kecil, dirinya sering dilanda emosi negatif tersebut hingga beranjak dewasa. Pangeran Harry mengakui kerap merasa emosian dan mengalami 'complete breakdown' dalam berbagai kesempatan.

Dan pada akhirnya kerabat menyarankan agar Pangeran Harry mengikuti konseling. Harry pun sempat menceritakan segala kepenatannya dan mengaku merasa lebih baik dari sebelumnya.

"Jangan sering mengurung diri di kamar. Sebaiknya carilah teman sebanyak-banyaknya, tidur yang cukup,bicara dengan orang tua atau teman , jika perlu ke dokter atau psikolog," saran psikiater anak dan remaja Dr dr Suzy Yusna Dewi, SpKJ.

Mengapa bercerita kepada orang lain ( CURHAT ) ini bisa membantu meringankan beban mental? Ternyata menurut ahlinya memang ada penjelasan di balik itu semua.

Pakar saraf dari University of California Marco Iacoboni menjelaskan di dalam otak manusia terdapat sirkuit sel kecil yang disebut dengan sel cermin. Ketika seseorang melihat orang lain melakukan sesuatu hal maka sel cermin ini akan aktif membuatnya dapat merasakan apa yang dialami oleh orang lain tersebut.

Dalam istilah lain sel cermin adalah sel otak khusus yang dapat membuat manusia bisa berempati.

www.pokerjingga.org



"Ketika Anda tersenyum, sel cermin untuk senyum saya juga akan menyala memicu rangkaian aktivitas saraf menimbulkan perasaan yang berkaitan dengan senyuman," kata Marco seperti dikutip dari  Australia,

Bagi orang yang mengalami kondisi kecemasan atau depresi, apa yang bisa dirasakan lebih berat dari masalahnya adalah kesadaran bahwa ia selalu beranggapan menanggung beban tersebut sendirian. Oleh karena itu ketika ia bercerita kepada orang lain ( CURHAT ) dan ada empati di sana maka beban mental yang tadinya dipikul sendirian bisa terasa lebih ringan karena dipikul bersama sama.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa bagi beberapa orang mendengarkan curhat keluh kesah orang lain akan berdampak untuk mentalnya.