Israel Tangkap 2 Pria Palestina Usai Bentrokan Maut di Tepi Barat

Israel Tangkap 2 Pria Palestina Usai Bentrokan Maut di Tepi Barat

http://harian44.blogspot.com/ 


Tepi Bar   - Pasukan Israel menangkap dua warga Palestina atas kecurigaan keterlibatan dalam bentrokan yang memicu penembakan mati seorang warga Palestina di wilayah Tepi Barat.



Pelaku penembakan adalah seorang warga Israel yang melepas tembakan setelah mobilnya dikepung dan dilempari batu oleh para demonstran Palestina. Insiden itu terjadi saat warga Israel tersebut mencoba untuk terus melaju melewati para demonstran di dekat pos pemeriksaan militer di Tepi Barat pada Kamis (18/5/2017).

Muataz Bani Shemsay, pria Palestina berumur 23 tahun tewas akibat tembakan warga Israel tersebut. Seorang fotografer kantor berita Associated Press juga terluka sebelum pasukan Israel tiba dan membubarkan para demonstran Palestina.

Kepolisian Israel menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (19/5/2017), warga Israel tersebut dibolehkan pulang pada Kamis (18/5) setelah memberikan pernyataan. Kepolisian memutuskan bahwa dia tidak diselidiki sebagai tersangka pembunuhan.

Usai bentrokan maut itu, pasukan Israel menangkap Yussef Derieh, sopir ambulans dari desa Aqraba, dekat kota Nablus, Tepi Barat, yang membelokkan kendaraannya ke jalur berlawanan dan menghalangi mobil warga Israel tersebut.

www.pokerjingga.org

Pasukan Israel juga menahan seorang warga Palestina lainnya, yang tidak disebutkan identitasnya. Selain menangkap kedua pria Palestina itu, tentara Israel juga menyita ambulans dan sebuah bus yang digunakan untuk mengangkut sebagian demonstran.

Saat kejadian, ratusan warga Palestina berunjuk rasa di pos militer Huwara, di selatan Nablus, yang telah beberapa kali menjadi lokasi bentrokan antara tentara-tentara Israel dan demonstran Palestina yang melemparkan batu. Aksi protes tersebut digelar untuk mendukung para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel yang melakukan aksi mogok makan sejak 17 April.