Cek Harga Pasca Lebaran, Mendag : Ada Kenaikan Tapi Tidak Tinggi



Cek Harga Pasca Lebaran, Mendag : Ada Kenaikan Tapi Tidak Tinggi

http://harian44.blogspot.com/

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto memastikan tidak terjadi kenaikan harga signifikan di pasar tradisional pasca lebaran. Pasalnya, pasokan kebutuhan pokok masih tersedia di semua daerah dan untuk kenaikan harga para pedangang ini tidak tinggi.

"Mengenai harga, sampai dengan hari ini pasokan merata terutama di daerah-daerahnya itu tetap terjaga. Ada sedikit kenaikan karena cuma satu dua yang baru buka , tetapi untuk kenanikan harga tersebut masih batas normal.

Dia mengaku sudah melakukan pengecekan di sejumlah pasar beberapa hari setelah lebaran. Kenaikan harga yang terjadi di pasaran akibat jarangnya pedagang yang berjualan, masih tergolong normal

"H+1, H+2, dan H+3 di tengah kondisi belum buka semua, lonjakannya biasanya tinggi sekali, tapi ternyata ini juga tidak terlalu tinggi. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya kesadaran pedagang yang mulai tumbuh menjadi faktor utama terkendalinya harga saat ini. Para pedagang tidak lagi menaikan harga dengan memanfaatkan situasi pasca lebaran ini.
"Jadi saya berterima kasih kepada para pedagang, yang tidak menaikkan harga seeenaknya walaupun yang buka baru sedikit.

www.pokerjingga.org

Selain kesadaran pedagang, kata dia, peran Dinas Perdagangan dan satgas pangan dalam mengawasi harga di pasaran cukup penting. Sehingga, sambung dia, ia meminta pengawasan di lapangan tetap dilakukan.
Karena semua bisa terkendali dan ibu-ibu bisa tersenyum bahagia, tidak terbeban oleh pengeluaran yang tidak perlu oleh sekelompok orang.