Fidget Spinner Masuk ke Daftar Mainan Berbahaya untuk Anak-anak

Fidget Spinner Masuk ke Daftar Mainan Berbahaya untuk Anak-anak

http://harian44.blogspot.com/

Jakarta, Fidget spinner adalah mainan yang kini populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Berawal dari sebuah alat yang diperuntukkan untuk orang dengan gangguan kecemasan, fidget spinner menjadi sebuah tren mendunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, lembaga nirlaba World Against Toy Causing Harm (WATCH) menyarankan agar orang tua berhati-hati tidak sembarangan memberikan fidget spinner pada anak-anak. Fidget spinner dalam laporan WATCH dimasukkan ke dalam salah satu daftar mainan berbahaya.

Alasannya karena fidget spinner berisiko menimbulkan cedera terutama bila dalam kondisi terpecah-pecah menjadi bagian kecil. Sudah muncul beberapa laporan kasus anak dilarikan ke rumah sakit karena tersedak bagian kecil dari fidget spinner.

"Baru-baru ini, perhatian serius atas keamanan fidget spinner semakin meningkat. Ada seorang gadis di Texas yang tersedak saat bermain fidget spinner dan perlu mendapatkan operasi untuk mengangkat bagian dari mainan tersebut dari esofagusnya," tulis WATCH dalam siaran pers dikutip Jumat (23/6/2017).

Advokat konsumen Joan E. Siff mengatakan agar masyarakat jangan mudah tertipu bahwa semua produk yang populer berarti aman. Penting bagi orang tua untuk waspada mempelajari hal-hal tentang suatu produk sebelum memberikannya ke anak sehingga kejadian tidak diinginkan bisa dihindari.

http://pokerjingga.org/index.php

Selain fidget spinner mainan lain yang masuk ke dalam daftar berbahaya oleh WACTH adalah hoverboard. Penggunaan baterai lithium pada hoverboard disebut mudah terbakar bila tidak berhati-hati.