Mengenal Gorila di Ragunan yang Diberi Makan Jokowi

Mengenal Gorila di Ragunan yang Diberi Makan Jokowi

http://harian44.blogspot.com/

Jakarta - Saat berkunjung ke Taman Margasatwa Ragunan, Presiden Joko Widodo sempat memberi makan seekor gorila. Jokowi tampak senang saat memberi makan gorila tersebut.

Taman Margasatwa Ragunan merawat 3 gorila yang semuanya berasal dari Afrika Barat. Mereka adalah Kumbo, Kihi, dan Komu.

"Kumbo dan Kihi bersaudara, tanggal lahirnya 8 Mei 1995. Ayahnya mereka sama, Kijo. Kumbo ibunya Shumba, Kihi ibunya Dihi," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di kantornya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/6/2017).

Sebelumnya, salah satu zookeeper menyebut gorila yang diberi makan Jokowi bernama Komu. Keeper atau pawang gorila itu juga mendampingi Jokowi saat memberi makan satwa besar itu.

Namun Wahyudi menyebut gorila yang diberi makan Jokowi adalah Kumbo. Sehingga dia terlebih dahulu cerita tentang Kumbo.

"Dia pemalu kepada manusia, tapi dia paling tua dan paling dominan. Ada sifat hierarki, dia menjadi pemimpin kelompok. Dia akurnya sama si Komu, antara Komu dan Kumbo tidak ada persaingan," ujar Wahyudi.

Kumbo sering bersaing dengan Kihi untuk menjadi penguasa. Maka itu kandang Kihi dipisahkan dari lainnya agar tak berkelahi.

"Dia suka buah-buahan, sayuran, daun kumeg--kayak sawi begitu--dan favoritnya daun seledri," kata Wahyudi.

Jokowi juga pernah memberi makan Kumbo pada saat menjadi Gubernur DKI. Tadi pun Jokowi menanyakan kabar Kumbo.

"Mungkin beliau masih ingatlah kunjungan ke sini dan gorila yang dia lihat juga, beliau tadi memang lebih banyak menikmati dibandingkan berbicara, paling tadi dia nanya siapa-siapa saja nama-nama binatangnya," imbuh Wahyudi.

Wahyudi kemudian juga cerita tentang Komu yang disebut oleh pawang sebagai gorila yang diberi makan Jokowi. Komu berusia lebih muda dari Kumbo dan Kihi.

"Komu paling kecil di antara mereka, satu kandang dengan Kumbo, mereka akrab, karena Kihi--yang satunya lagi--suka berantem, sejenis persaingan pemimpin sama Kumbo," tutur Wahyudi.


http://pokerjingga.org/index.php

Wahyudi tak terlalu tahu bagaimana keseharian Komu. Dia tak memungkiri bahwa yang lebih paham akan perilaku satwa adalah pawang. Sang pawang pun yang paling tahu persis siapa gorila yang sedang apa di sana.

"Yang jelas Komu paling pintar menghindari kamera," ujar Wahyudi.