Warga Bukit Duri dan Rencana Penggusuran Usai Lebaran



Warga Bukit Duri dan Rencana Penggusuran Usai Lebaran

http://harian44.blogspot.com/

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat beberapa waktu lalu menyebut bangunan liar di Bukit Duri akan dibongkar usai lebaran dan saat ini adalah jelang penggusuran.

Suasana di permukiman yang berada di pinggir Jalan Bukit Duri tampak lengang. Tak seperti suasana lebaran pada umumnya, hanya ada beberapa warga yang melakukan aktivitas mereka, dari berjualan hingga sekadar duduk-duduk di pos kecil beratapkan tenda.

Bangunan yang berada di pinggir jalan tersebut tak akan dibongkar. Hanya rumah-rumah berada di pinggir Kali Ciliwung, yang rata-rata terbuat dari kayu seadanya, yang akan digusur.

Rumah-rumah kayu tersebut tersembunyi di belakang hunian yang berada di pinggir jalan, kira-kira 10 meter ke dalam jaraknya. Tak ada kegiatan yang menonjol di area yang sebentar lagi akan digusur tersebut.
Rumah-rumah itu berdiri tak teratur. Dilihat dari atas jembatan, hunian tersebut seperti menumpuk, tak tertata. Letaknya pun persis besinggungan dengan Kali Ciliwung.

Lorong-lorong sempit yang kata warga setempat biasanya ramai, kini sunyi. Tampak seorang bapak sedang menjemur pakaiannya.
Lorong sempit itu sehari-hari digunakan warga untuk akses jalan. Lebar lorong itu hanya muat satu motor. Tanah yang sedikit basah menjadi pijakan bagi yang ingin melintas.

www.pokerjingga.org


Seorang warga menyebut sepinya aktivitas di sini karena sebagian besar telah pindah ke rusun-rusun, yakni Rusun Rawa Bebek dan Rusun Pulogebang. Seperti kata Djarot, mereka memang telah menempati hunian barunya itu.
tak lama lagi rumah kayu yang ripuh itu akan segera dibongkar. Janji Djarot yang mengatakan tak ada lagi bangunan liar di Bukit Duri sepertinya akan terealisasi.