Modus Penipuan Siber oleh WN China yang Digerebek di Surabaya



Modus Penipuan Siber oleh WN China yang Digerebek di Surabaya

http://harian44.blogspot.com/

Sebanyak 93 Warga Negara Asing diduga melakukan kejahatan siber tingkat internasional diamankan Satgas Khusus Mabes Polri bersama kepolisian China di kawasan perumahan mewah di Surabaya, Jawa Timur. Para pelaku menyasar korban yang berada di negara China.

Kepala Tim Tindak Satgas Khusus Mabes Polri AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan, para pelaku kejahatan siber tersebut mempunyai peran mulai mengintip harta calon korban hingga berperan sebagai aparat hukum. Tugas-tugas rtersebut dibagi dalam empat level.

Mereka terdiri beberapa level, mulai 1 hingga 4 yang berada di 4 rumah berbeda, kata AKBP Susatyo Purnomo Condro di lokasi penggrebekan Perumahan Graha Family Blok N1 Surabaya, Jawa Timur,

Susatyo menjelaskan, level terendah bertugas mengintip kekayaan dan mencari tahu profil calon korban mereka.

Setelah melakukan profiling dengan menggunakan ilegal akses di level 1, kemudian level berikutnya mengisukan pada korban jika telah melakukan tindak pidana. Level selanjutnya melakukan aksi penipuan dengan berperan sebagai petugas hingga korban menyerahkan uang agar kasus yang di skenariokan komplotan pelaku agar tidak berlanjut.

Susatyo menambahkan, para pelaku yang digrebek di beberapa lokasi yakni di Bali, Jakarta dan Surabaya merupakan satu jaringan.

Sekarang lagi kita data dan inventaris. Hanya para pelaku tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga tidak bisa.

www.pokerjingga.org

Untuk diketahui, dari 93 WN asing yang ditangkap di Surabaya tersebut, sebanyak 33 berasal dari China, 1 WN Malaysia dan sisanya berasal dari Taiwan.