Pesan Jokowi Jika Kalteng Jadi Ibu Kota



Pesan Jokowi Jika Kalteng Jadi Ibu Kota

http://harian44.blogspot.com/

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyiapkan lahan 300.000-500.000 hektare lahan kosong jika nantinya Kalteng ditunjuk sebagai ibu kota negara Indonesia. Presiden Joko Widodo berpesan kepada Pemprov Kalteng agar tidak menggusur dusun dan desa yang ada.

Pak Presiden juga mengatakan jangan sampai menggusur-gusur dusun dan desa. Tentu dengan Kalteng yang luasnya luar biasa ini, perintah Pak Presiden (siap kami laksanakan)
Sugianto langsung mengumpulkan Wali Kota Palangka Raya, Bupati Katingan, Bupati Gunung Mas, dan Dinas Kehutanan Kalteng untuk menyampaikan pesan Jokowi tersebut. Mereka juga terbang menggunakan helikopter guna meninjau lahan yang telah disiapkan dari atas.

Sekarang saya selaku gubernur kan cuma menunggu. Suka atau tidak suka, mau tidak mau, kalau memang pusat menginginkan, ya kita mengaminkan. Saya sebagai bapak orang banyak, wakil pemerintah pusat di daerah, pasti tunduk dengan perintah Presiden.

Sugiato juga berharap adat istiadat dan budaya masyarakat lokal, khususnya warga Dayak, tetap terjaga jika nantinya Kalteng ditunjuk menjadi ibu kota. Dia menyebut masyarakat Dayak sangat menjaga kearifan lokal.

Kalteng ini kan adat istiadatnya agak mirip dengan Bali. Hindu kan ada di sini, Islam-nya sekitar 74%, dan sisanya agama lain, sama dengan Bali. Kita kan ada adat istiadat Rumah Betang. Rumah Betang itu sukunya suku dayak, tapi di dalamnya bermacam agama, Konghucu saja yang nggak ada," tuturnya.

Sugianto mengatakan belum ada pembicaraan khusus pemerintah pusat kepada pihaknya soal rencana pemindahan ibu kota. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pernah sekali menanyakan kondisi Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Belum ada (pembicaraan khusus), cuma waktu itu ada juga kunjungan dari Kepala Bappenas, beliau menyampaikan, menanyakan soal Kota Palangka Raya dan sekitarnya. Saya jawablah, kalau memang jadi diletakkan di sini, di tiga daerah (Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas), kita juga Kalteng punya laut.

www.pokerjingga.org

Sugianto juga menyebut Kalteng belum seperti provinsi lain yang pembangunannya pesat. "Kalteng mungkin provinsi yang paling tertinggal dari beberapa provinsi yang lain. Pelabuhan samudranya kita belum ada, jalan-jalan di daerah Kalimantan yang lain, kan mungkin karena sudah dieksploitasi tambang dan minyaknya, termasuk Kalsel. Lalu Kalbar juga yang berbatasan dengan Malaysia. Lalu Kaltim juga. Jadi Kalteng itu ibarat raksasa yang belum dibangunkan.

Kondisi geografis Kalimantan Tengah juga dinilai layak menjadi ibu kota negara. "Kalimantan Tengah kan nggak ada gempa bumi. Lalu kalau andai kata dibahas masalah asap, ini kan tergantung pimpinannya. Amerika saja di California bisa kebakaran. Itu kan tergantung manusianya. Yang penting kan budaya, manusia, dan lingkungannya terjaga. Dayak ini kan ada Dayak pedalaman dan Dayak pantai. Jadi ada dua budaya, Dayak pedalaman dan pesisir. Pesisir ini yang masih ada nuansa Islam-nya. Yang pedalaman, itu yang ada Hindu-nya