Spanyol Sebut Teror di Barcelona sebagai Terorisme Jihad



Spanyol Sebut Teror di Barcelona sebagai Terorisme Jihad

http://harian44.blogspot.com/

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, berduka atas berbagai teror yang melanda negaranya. PM Rajoy menyebut serangan teror di Barcelona sebagai terorisme jihad.

Saya ingin menyampaikan solidaritas saya untuk seluruh warga Spanyol, khususnya kota Barcelona, yang hari ini dilanda terorisme jihad, seperti kota-kota lainnya di dunia.

Saya ingin kata-kata pertama saya di Barcelona menyinggung soal duka, kenangan, solidaritas untuk para korban serangan ini, dan bagi keluarga dan rekan-rekan mereka.

Dalam insiden maut yang terjadi,sebuah mobil van menabrak kerumunan orang di kawasan La Rambla, Barcelona. Sedikitnya 13 orang tewas dan 80 orang lainnya luka-luka dalam insiden itu. Pengemudi van itu berhasil melarikan diri dan tengah diburu polisi.

Beberapa jam kemudian, masih pada hari yang sama, sebuah minibus menabrak kerumunan orang di kota pantai Cambrils, sebelah selatan Barcelona. Sedikitnya tujuh orang, yang terdiri atas enam warga sipil dan satu polisi, luka-luka dalam insiden ini.

Lima tersangka yang mendalangi serangan itu, ditembak mati oleh polisi setempat. Sebelumnya dilaporkan empat tersangka ditembak mati dan satu ditangkap. Namun satu tersangka yang ditangkap, akhirnya tewas akibat luka-luka yang dideritanya. Para tersangka diduga hendak mendalangi serangan bom dengan sabuk peledak, usai melakukan penabrakan.

Hari ini, peperangan melawan terorisme menjadi prioritas utama bagi masyarakat yang bebas dan terbuka seperti kita. Ini adalah ancaman global dan responsnya haruslah global, tegas PM Rajoy, yang kemudian menetapkan tiga hari masa berkabung untuk Spanyol.

www.pokerjingga.org


Kedua insiden itu sama-sama diselidiki sebagai serangan teror oleh otoritas Spanyol. Seperti dilansir Reuters, serangan teror di Barcelona dan Cambrils itu disebut sebagai serangan paling mematikan di Spanyol setelah serangan bom di kereta komuter Madrid tahun 2004 yang menewaskan 191 orang dan melukai lebih dari 1.800 orang lainnya.