Aspal Runaway Bandara Makassar Amblas, Sempat Sebabkan Delay

Aspal Runaway Bandara Makassar Amblas, Sempat Sebabkan Delay

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Makassar Aspal landasan pacu runaway bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar amblas hingga mengalami penurunan sekitar 7 centimeter. Akibatnya sejumlah penerbangan dari Makassar tertunda.

Humas Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Turah Ajiari menyebutkan, pesawat Sriwijaya Air SJ593 Boeing 738-800 tujuan Makassar-Jakarta sekitar pukul 15.20 Wita delay akibat adanya penurunan aspal di areal Taxyway.

"Kejadian ini mengakibatkan antrean pesawat yang akan take off di taxiway menunggu lebih lama di taxiway WP," ujar Turah dalam keterangannya, Senin 25/9/2017.

Saat terjadi amblasnya aspal jalur menuju runway, pilot pesawat yang mengangkut 184 penumpang dan 8 kru pesawat SJ593 terpaksa ditarik menggunakan towing tractor. Setelah berhasil ditarik sekitar satu jam setelahnya, pada pukul 16.39 Wita, pesawat SJ593 berhasil lepas landas terbang menuju bandara Soekarno Hatta di Cengkareng.


http://pokerjingga.com/index.php


Pesawat lain yang mengalami delay akibat peristiwa ini adalah Garuda GIA 660 tujuan Makassar-Mamuju. Kemudian Sriwijaya SJY 563 tujuan Makassar-Surabaya, dan pesawat Lion Air WJ 1304 tujuan Makassar-Mamuju.

Turah menyebutkan pihaknya masih menginvestigasi penyebab turunnya aspal di sekitar landasan pacu yang menghambat proses lepas landas pesawat yang dipiloti Capt Sugih itu.