Di China, Bus Hingga Taksi Sudah Pakai Tenaga Listrik



Di China, Bus Hingga Taksi Sudah Pakai Tenaga Listrik

http://harian44.blogspot.com/

Bus, mobil pribadi hingga taksi bertenaga listrik mudah dijumpai di China. Salah satunya bisa ditemui di jalanan Kota Xiamen, Provinsi Fujian, China.

Bus-bus kota berbasis energi listrik melayani pergerakan warga Xiamen yang mencapai 3.9 juta jiwa. Ratusan bus listrik yang berwarna dominan biru muda ini, melengkapi keberadaan bus ramah lingkungan yang berbahan bakar LNG dan bus hybrid yang berbahan bakar listrik dan gas.

Bus-bus listrik merek lokal yang berada di pool bus Baicheng ini terbilang baru dioperasikan sejak awal Agustus 2017. Bus ini murni 100% menggunakan listrik karena sebelumnya, terdapat bus hybrid yang mengombinasikan antara bahan bakar gas dan listrik.

Keunggulan bus listrik ini, lanjut Chen, sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan kebisingan. Dari tampilan, bus terlihat masih kinclong. Bus listrik dengan rancangan chasis model low deck ini juga dilengkapi beberapa kamera CCTV hingga mesin pembayaran otomatis berbasis kartu.

Suaranya kecil, ramah lingkungan, gampang perawatan, enggak ada emisi, dan biaya operasional lebih murah.

Namun, laju bus listrik lebih lambat dibandingkan bus berbahan bakar gas. Untuk mengisi ulang baterai, pool bus Baicheng memiliki 20 charging pile (mesin charging). Lanjut Chen, 8 mesin bisa melayani fast charging sedangkan 12 mesin dapat dipakai untuk slow charging.
Sekali charging (cepat) bisa 1,5 jam kalau baterai dalam keadaan kosong atau 40 menit kalau baterai dalam keadaan isi 30-40%. Kalau malam bisa pakai yang lambat. Itu bisa 2-3 jam kalau baterai dalam keadaan terisi 30-40%.

Proses pengisian listrik, bisa juga dilakukan oleh pengemudi. Pertama, driver memasang colokan charger ke bus. Selanjutnya, pengemudi atau operator charging menuju mesin kontrol untuk memulai charging.

www.pokerjingga.org

Saat pengisian listrik, tinggal pakai kartu di mesin, nanti mesin akan secara otomatis mengatur jumlah aliran listrik. Karena bus memiliki catatan secara elektronik.Bila baterai terisi penuh, bus bisa beroperasi selama 6 jam non stop.