Iran Siapkan 40 Ton Paket Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya



Iran Siapkan 40 Ton Paket Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya

http://harian44.blogspot.com/

Bulan Sabit Merah Iran mempersiapkan bantuan kemanusiaan untuk warga Rohingya di Myanmar. Paket bantuan seberat 40 ton ini diperintahkan langsung oleh Presiden Iran Hassan Rouhani.

Paket darurat, makanan, penyokong kehidupan dan produk kebersihan telah dipersiapkan oleh Bulan Sabit Merah untuk dikirimkan ke Myanmar," tutur Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Morteza Salimi,

Paket bantuan itu akan segera dikirimkan kepada mereka yang tertindas di negara itu begitu kami mendapat izin dari Myanmar

Salimi menyatakan, paket bantuan itu akan dibawa dengan pesawat ke Myanmar. Isi paket bantuan itu ditaksir bernilai sekitar 4 miliar rial atau setara Rp 1,6 miliar.

Otoritas Iran berulang kali mengecam operasi militer Myanmar di Rakhine, yang dilaporkan sarat kekerasan. Operasi militer kembali dilancarkan di Rakhine setelah militan Rohingya atau ARSA menyerang pos polisi dan pangkalan militer Myanmar pada 25 Agustus lalu.

Operasi militer ini dilaporkan menewaskan 400 orang dan memicu eksodus warga Rohingya ke Bangladesh. Laporan terbaru PBB menyebut, sekitar 164 ribu pengungsi Rohingya telah tiba di Bangladesh.

Duta Besar Iran untuk PBB, Gholam Ali Khoshrou, menyatakan dirinya bersama para menteri dan diplomat dari negara-negara mayoritas muslim akan membahas isu Rohingya di PBB.

www.pokerjingga.org


Saya telah berkomunikasi dengan berbagai duta besar negara-negara mayoritas muslim dalam beberapa hari terakhir dan diputuskan untuk membentuk sebuah kelompok pada tingkat duta besar dan menteri

Diharapkan, kelompok itu akan bertemu di New York saat Majelis Umum PBB bersidang pekan depan. Semua orang harus mengambil langkah untuk menghentikan bencana kemanusiaan ini.