Mumi Raja Mesir Ditemukan di Pemakaman Tersembunyi, Buka Tabir Baru

Mumi Raja Mesir Ditemukan di Pemakaman Tersembunyi, Buka Tabir Baru

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Penemuan baru terjadi di tanah Mesir. Mumi seorang raja Mesir di era sebelum Masehi ditemukan yang bisa membuka tabir penemuan-penemuan selanjutnya.

Mumi dan artefak ditemukan dari makam berusia 3.500 tahun di dekat Luxor, selatan Mesir. Makam ini diduga dulunya milik seorang tukang emas dan istrinya yang ditandai oleh penemuan patung keduanya.

"Makam yang terletak di pekuburan Draa Abul Nagaa ini berisi mumi, sarkofagus, patung, pot, serta artefak lainnya," ungkap Kementerian Benda Bersejarah Mesir, Sabtu (9/9/2017).

Pemimpin tim ekspedisi Mesir, Mostafa Al-Waziri menyebut artefak tersebut sebenarnya milik Amenemhat, nama seorang raja, dan istrinya Amenhotep dari dinasti ke-18 kerajaan Mesir. Walau Amenhotep biasanya adalah nama lelaki, tetapi petunjuk di lokasi mengarahkan Amenhotep sebagai 'nyonya rumah'.

http://harian44.blogspot.com/

Dari halaman makam terdapat pintu yang mengarah ke ruang beberapa meter persegi. Di dalamnya ditemukan dua sosok patung yang agak terpisah, mengarah pada Anemhenat dan Amenhotep. Di bawah kaki keduanya terdapat sosok patung kecil yang diduga anaknya. Makam tertutup tersebut diduga sudah pernah digunakan kembali. Pasalnya, ditemukan pula sarkofagus dari dinasti ke-21 dan 22.

Ada dua lubang galian di sana, dan salah satunya diduga merupakan bekas galian mumi Amenemhat dan Amenhotep. Sementara dari lubang galian di halaman ditemukan pula mumi seorang wanita dan dua anak perempuannya. Dari analisis awal terungkap bagaimana mereka semasa hidup hingga mengalami penderitaan karena penyakit.

Makam ini ditemukan bersadarkan petunjuk dari temuan sebelumnya di area yang sama pada April lalu. Dari makam Raja Mesir ini ada petunjuk ke makam berikutnya pula.


http://pokerjingga.com/index.php

"Ini bukanlah akhir. Temuan ini mengarahkan kepada penemuan berikutnya," ucap Waziri optimis.

Dari temuan April lalu ditemukan 10 sarkofagus dan sejumlah patung. Makam berbentuk T itu diduga milik hakim kota bernama Userhat, dengan bentuk khas makam bangsawan dari kerajaan baru.