Ridwan Kamil Serahkan Uang untuk Rohingnya Rp 4,3 Miliar ke ACT



Ridwan Kamil Serahkan Uang untuk Rohingnya Rp 4,3 Miliar ke ACT

http://harian44.blogspot.com/


Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berhasil menggalang dana untuk bencana kemanusiaan Rohingya sebasar Rp 4,3 miliar selama sepekan. Donasi disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap.

Dana bantuan itu terkumpul melalui jalur online dan offline. Bantuan online lewat laman kitabisa.com terkumpul Rp 3,1 miliar yang berasal dari 19.617 donatur. Sementara penggalangan offline mencapai Rp 1,2 miliar.

Bantuan secara offline kami galang dari SKPD Pemkot Bandung, Baznas dan pengusaha-pengusaha," kata Ridwan usai penyerahan penggalangan dana kepada ACT di Pendopo.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan dana yang terkumpul melalui lama kitabisa.com jauh melampaui target. Sebelumnya, ia menargetkan Rp 1 miliar dalam sepekan.

Jadi tingginya aliran bantuan itu karena tingginya empati masyarakat masih tinggi ditambah bertemu sistem teknologi kitabisa.com yang transparan.

Dia mengatakan dana yang terkumpul ini sudah disalurkan ke lembaga kemanusiaan ACT. Nantinya, sambung dia, dana yang terkumpul itu disalurkan oleh ACT ke pengungsi Rohingnya di Myanmar dan Bangladesh.

Kenapa kami memilih ACT, karena mereka sudah punya instrumen dan networking di sana. Mereka juga punya reputasi baik. Kami mohon rincian bantuan rutin dilaporkan.

CEO kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan penggalangan dana yang diiniasi Ridwan Kamil ini memecahkan rekor. Pasalnya, sambung dia, dalam waktu sepekan bisa mengumpulkan Rp 3,1 miliar.

Ini rekor kitabisa.com 3 miliar dari satu minggu, bukan yang terbanyak tapi tercepat. Rata-rata per hari bisa Rp200 juta. Tapi khusus tanggal 8, dalam satu hari bisa Rp 1 miliar, ini luar biasa.

Senior Vice President ACT Imam Akbari berjanji akan menyalurkan bantuan ini sebaik-baiknya. Rencananya, dana ini akan disalurkan dalam berbagai bentuk seperti selther (rumah sementara) perlengkapan kesehatan dan sandang pangan.

www.pokerjingga.org

Ia mengatakan sejak tahun 2012, ACT sudah fokus memberikan bantuan kepada bencana kemanusiaan Rohingya. ACT sudah 13 kali mengirimkan tim untuk mendistribusikan bantuan.

Kami tahun ini konsen memberangkatkan 2 tim SOS ke Bangladesh (pengungsian) dan langsung ke Rakhine, Myanmar. Tahun ini saja kami menyalurkan bantuan sekitar Rp 20 miliar.