Vape itu apa sih ? yang Bikin Abi Dikeroyok Hingga Tewas

Vape itu apa sih ? yang Bikin Abi Dikeroyok Hingga Tewas

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Abi Qowi Suparto 20 tahun meregang nyawa setelah dikeroyok karena diduga mencuri rokok elektrik atau vape seharga Rp 1,6 juta di toko Rumah Tua Vape, Tebet, Jakarta Selatan. Sebenarnya apa sih vape itu?

"Kalau sisi pandang orang awam, sebenarnya kalau ngomong bedanya itu simpel. Rokok biasa tembakau dibakar, kalau ini cairan diuapkan," kata vaporista Ipin saat berbincang via telepon, Jumat (8/9/2017).

Ipin mengatakan salah satu beda vape dengan rokok ada di sensasi. Jika merokok mentok di rasa tembakau dan mentol, maka di vape bisa ada rasa aneka buah dan lebih bervariasi.


http://harian44.blogspot.com/

"Sekarang lebih suka vape karena rasa, kemarin sempat medical check up setelah cek paru-paru, alhamdulilah nggak apa-apa, better sekarang. Kalau soal berat hisap rokok dengan vape hampir sama aja nggak ada bedanya," katanya.

Ipin juga bercerita soal harga vape yang bisa mencapai jutaan rupiah. Menurutnya, harga vape tergantung dari negara asal produsen dan juga desain dari handy vape.

"Kalau keteng-ketengan itu masing-masing harganya nggak sampai segitu, kecuali kalau dipaketin. Biasanya normal itu mod, atomizer, baterai, yang handy atau yang dipegang itu doang. Mahal itu biasanya di mod sama atomizer, tergantung dari cukai masuknya, misalnya lokasi produksi, (produk) asli China sama Amerika beda kan pasti brandnya tinggi Amerika, kualitas bahan, finishing desain device, paling sama chip," paparnya.

Nah, Ipin juga mengamini saat ini vape memang sedang menjadi idola. Banyak komunitas dibentuk untuk saling bertukar informasi mengenai vape.

http://pokerjingga.com/index.php

"Kalau komunitas itu lebih ke bimbingan ke vapenya misalnya pemilihan item atomizer biar aman soalnya kan ada yang suka asal. Kedua lebih ke anak nongkrong, kampus gue juga ngevape (sesama pengguna vape), nggak ada spesifik," ujarnya.

Dia juga meyakinkan menggunakan vape tidak memabukkan. Soal harga vape yang bisa mencapai jutaan, kata Ipin, juga tergantung dari penggunanya.

"Vape sama sekali tidak memabukkan. Kalau soal mahal itu lebih ke fashion kayaknya, tergantung orangnya rewel atau nggak. Kalau ngikutin desain atau setiap barang baru beli ya jadi mahal," ujar Ipin yang juga sales di salah satu toko vape itu.