Banyuwangi Gandeng GoJek Antar Obat ke Rumah Pasien Miskin



Banyuwangi Gandeng GoJek Antar Obat ke Rumah Pasien Miskin

http://harian44.blogspot.com/


Pejabat Banyuwangi dan GoJek Indonesia secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memperbaiki layanan kesehatan. GoJek akan menyediakan fasilitas berbagi obat gratis ke rumah pasien yang malang dari dua rumah sakit milik pemerintah setempat.

"Teknologi tidak bisa dilawan, kami menggunakan GoJek ini untuk memudahkan pasien miskin, mohon maaf, sakitnya, masih harus menunggu obat disiapkan oleh apoteker. Alih-alih menunggu obatnya, lebih baik pulang untuk istirahat, Obatnya dibiayai oleh pemerintah, obatnya dikirim ke rumah, "kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, usai penandatanganan MoU di Pendopo Saba Swagatha Blambangan, Selasa (10/10/2017).

Pada pertengahan September, Anas juga meluncurkan program layanan obat bius "Gancang Aron" (Cepat Sembuh). Namun, jangkauannya terbatas di sekitar rumah sakit. Dengan sinergi dengan GoJek, jangkauan layanan diperluas.

"Mengapa bergandengan tangan dengan GoJek, sekarang ini sebuah kolaborasi, dan jika jalan itu adalah akhir dari proyek, pengadaan armada kendaraan tidak efisien," tambah Anas.

Dalam sinergi ini, GoJek memberikan obat ke rumah sakit yang dirawat di rumah pasien di rumah sakit setempat. Akan ada pos khusus di rumah sakit. Setelah perawatan ke dokter, warga hanya perlu ke pos, lalu diproses petugas.

Selain memfasilitasi pasien miskin, layanan ini juga mempermudah pasien yang pernah dirawat secara rutin ke rumah sakit, karena dokter tetap berkoordinasi dengan petugas layanan. Petugas pengantar dari GoJek telah dilatih untuk membawa obat-obatan dan aspek-aspek dasar lainnya.

www.pokerjingga.org

Anas menghargai GoJek yang memiliki visi kewirausahaan sosial. "Gojek adalah satu dari sedikit badan usaha yang memiliki visi kewirausahaan sosial, dan bisnis tidak hanya mencari keuntungan, tapi ada unsur untuk membuat orang lain berkumpul," kata Anas.
 
Wakil Presiden Senior GoJek, Malikulkusno Wijoyo Adhi mengatakan, ini adalah sinergi pertama GoJek dengan pemerintah daerah. "Kami ingin membawa ini ke nasional, bisa diaplikasikan di daerah lain untuk memberi kemudahan kepada warga," kata Malik.

GoJek juga menghargai tanggapan terbuka Banyuwangi terhadap teknologi untuk memperbaiki pelayanan publik.