Usai Penantian Panjang, Pangkalpinang Kini Punya Auditorium



Usai Penantian Panjang, Pangkalpinang Kini Punya Auditorium

http://harian44.blogspot.com/

Kota Pangkalpinang sekarang memiliki Auditorium Jami Masjid yang baru saja diresmikan oleh pemerintah kota. Auditorium selesai setelah menunggu 9 tahun.

detikcom mengunjungi Auditorium Masjid Jami Pangkalpinang berdiri anggun di Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, tepatnya di kawasan belakang Masjid Jami, Minggu (29/10/2017) yang lalu. Menurut Dewan Masjid Jami Pangkalpinang, Dachlan Home, gedung auditorium ini cukup didambakan masyarakat.

"Gedung ini masyarakatnya sangat didambakan, karena dulu kita masih punya area yang luas disini, yang kemudian untuk gedung pertemuan bisa juga," kata Dachlan.

Ia mengatakan, gagasan dan harapan pembangunan auditorium telah dipicu sejak pemerintah almarhum Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali. Namun perkembangannya belum terealisasi.
Kira-kira 9 tahun telah berlalu sejak 2007, pada awal 2016 Pemprov Pangkalpinang menindaklanjuti harapan tersebut. Auditorium Jami Masjid mulai dibangun.

"Setelah Pak Irwansyah menjadi walikota rupanya dia memiliki keinginan untuk melanjutkannya, walikota Irwansyah sangat prihatin, dia ingin melanjutkan cita-cita bapak gubernur kemudian membangun Auditorium Jami Masjid ini," kata Dachlan.

Auditorium ini dibangun selama 1 tahun, dan diwujudkan dalam kerjasama pemerintah kota dengan DPRD Kota Pangkalpinang. Pada hari Minggu (17/9), bersamaan dengan perayaan HUT ke-260 Kota Pangkalpinang, auditorium ini diresmikan oleh Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah.
Bangunan bertingkat dua ini didominasi warna hijau cerah. Di bagian atas ada ruang yang luas yang bisa menampung sekitar 1.000 tamu. Sedangkan di lantai bawah tersedia ruangan yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi.

"Ini juga untuk TPA bisa, atau akan ada untuk disewakan, jual tasbih, tikar sholat," kata Dachlan.
Pembangunan Mesjid Khairil Baitilil Muslimin
Selain infrastruktur jalan dan drainase, Pemkot Pangkalpinang juga membantu membangun fasilitas bagi masyarakat.

www.pokerjingga.org

Setelah Auditorium Jami Masjid, Pemkot Pangkalpinang juga membantu membangun rumah ibadah di Jl RE Martadinata, RT 1 RW 1 Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, Masjid Khairil Baitilil Muslimin.

"Ini adalah masjid tertua di Kecamatan Pangkalbalam, semua warga dan masjid ingin direhabilitasi," kata Kepala Bappeda dan Litbang Pangkalpinang Agus Suryadi saat ditemui di depan gedung masjid.

Lokasi masjid sangat strategis, dekat dengan pelabuhan. Sehingga mudah mampir peziarah dari luar Pangkalpinang untuk beribadah sebelum melanjutkan perjalanan menuju tujuan utama.

"Karena jamaah haji apalagi apalagi daerah pintu masuk Pangkalpinang ini melalui pelabuhan maka kita bisa mendapatkan hibah dari pemerintah kota 300 juta," kata Agus.

Saat ini konstruksi masih berlangsung. Masjid dengan dua lantai, satu kubah dan satu menara 17 meter dibangun 13.5x13.5 meter. Pembangunannya ditargetkan selesai tahun depan.