Ini 9 Inovasi IT Polda Kalsel di Police Expo 2017

Ini 9 Inovasi IT Polda Kalsel di Police Expo 2017

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Perkembangan IT di dunia mendorong polisi untuk terus berinovasi. Kali ini Polda Kalsel akan meluncurkan beragam inovasi IT, seperti e-Tilang dan e-Smasat serta program unggulan lainnya dalam Police Expo 2017. Acara ini akan digelar di Duta Mall, Banjarmasin pada 27-29 November 2017.

Menurut Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E. Zulpan, Police Expo 2017 ini merupakan bentuk penjabaran program Promoter (profesional, modern, dan terpercaya) dari Kapolri yang diimplementasikan oleh Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana.

Dalam paparannya, Zulpan yang juga merupakan ketua pelaksana acara ini mengatakan, Police Expo 2017 bertujuan menunjukkan prestasi, keandalan, dan kesiap siagaan Poda Kalsel dan jajarannya kepada masyarakat.

Kemudian juga bertujuan membentuk ikatan emosional antara masyarakat, pemerintah daerah, dan kepolisian. Sehingga dapat terbangun kepercayaan publik terhadap Polda Kalsel.

Dengan demikian, baik masyarakat maupun pemerintah dan kepolisian diharapkan dapat saling bahu membahu untuk menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Kalsel.

Dalam Police Expo 2017 ini, 13 satuan wilayah jajaran Polda Kalsel akan mengisi 32 booth. Setiap booth akan menampilkan produk inovasi berbasis IT. Contohnya saja produk pelayanan publik, alat material peralatan khusus (almatsus) yang merupakan peralatan untuk transportasi operasional, forensik, persenjataan, penginderaan, teknologi informasi dan komunikasi serta transnational crime.

Selain itu, expo ini juga menampilkan alat peralatan keamanan (alpalkam) berupa rompi antipeluru, senjata, borgol dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan, beragam program inovasi berbasis IT juga diperkenalkan dalam Police Expo 2017 ini/ Berikut inovasi yang akan ditampilkan.

http://pokerjingga.com/index.php

1. Regional Traffic Management Center atau RTMC Polda Kalsel

Regional Traffic Management center atau RTMC Polda Kalsel merupakan command center dan berfungsi sebagai pusat koordinasi, komunikasi, kendali, dan informasi (k3i). Di sini tersedia call center, monitoring GPS kendaraan patroli lantas, central media sosial, traffic announcer, pengenalan wajah, live streaming, dan radio komunikasi yang terhubung dengan satuan wilayah Polda Kalsel, unit rescue, pelabuhan, Basarnas, serta kepanduan. RMTC Polda Kalsel terhubung dengan 80 titik CCTV dan terkoneksi dengan NTMC Mabes Polri.

2. e-Tilang

e-Tilang yaitu penindakan yang mengandalkan aplikasi mobile. Dengan e-Tilang, pembayaran denda tilang bisa dilakukan secara online melalui sistem perbankan.

3. e-Samsat

e-Samsat yaitu pembayaran pajak kendaraan bermotor berbasis aplikasi, sehingga mencegah praktek percaloan dan korupsi.

4. SKCK Online

SKCK online yang merupakan pelayanan penerbitan SKCK dengan memanfaatkan teknologi informasi.

5. Aplikasi Pocemon (Polisi Cepat dan Modern)

Aplikasi ini merupakan terobosan Polres Banjarmasin untuk merespons kebutuhan masyarakat dengan cepat.

6. Aplikasi E-CC (Electronic Command Center) dan Aplikasi Sipomas (Sistem Informasi Polisi dan Masyarakat).

Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis IT yang mengedepankan transparansi dan efisiensi kinerja anggota polri dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian dan pelayanan kepolisian resor Kotabaru kepada masyarakat kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

7. Sipraktis (Sistem Praktek Uji SIM Otomatis)

Sipraktis merupakan inovasi dari Polres Tanah Bambu membuat ujian praktik pembuatan sim berbasis tekhnologi informasi dengan menggunakan sensor yang terkoneksi dengan ruang kontrol petugas pengawas ujian.

8. Gerobak

Gerobak merupakan aplikasi online dari Polres Tanah Laut yang berfungsi untuk pelaporan secara online antara para kapolsek dan Bhabinkamtibmas kepada kapolres dalam rangka pengawasan dana desa di wilayah hukum Polres Tanah Laut. Kemudian sebagai alat monitoring pimpinan terhadap posisi anggota Bhabinkamtibmas.

9. Sarana Informasi dan Pelayanan (SIP)

http://pokerjingga.com/index.php

SIP memberikan informasi kepada masyarakat tentang prosedur penerbitan pembuatan SIM.

Pada Police Expo 2017 ini juga akan dipertontonkan demo pembebasan sandera oleh personel Polda Kalsel. Masyarakat pun dapat memperoleh edukasi melalui dialog interaktif mengenai satuan kerja Polda Kalsel.

Jangan lupa ikuti games dan kuis yang digelar Polda Kalsel. Tak ketinggalan pertunjukan band dan komedian yang siap menghibur pengunjung. Jika ada saran dan kritik bisa juga disampaikan masyarakat di wishing tree yang dipersiapkan Polda Kalsesl.

Ayo, datang dan ramaikan Police Expo 2017 untuk lebih mengenal Polda Kalsel lebih dekat lagi.