Ini Penyebab Genangan di KM 130 Tol Purbaleunyi



Ini Penyebab Genangan di KM 130 Tol Purbaleunyi

http://harian44.blogspot.com/
Jalan Tol Purbaleunyi persis di KM 130 dibanjiri selama beberapa jam pada hari Rabu, 11 Oktober tadi malam. Apa sebenarnya penyebab genangan?

Cabang GM Jasa Marga Purbaleunyi Reza Febriano menjelaskan penyebab genangan air di lokasi tersebut berasal dari intensitas curah hujan yang tinggi di daerah aliran sungai bagian atas yang mengakibatkan Sungai Cimancong meluap.

Kondisi tersebut diperparah dengan dugaan pengalihan fungsi rawa dibelakang penghalang tol yang semula daerah penyerapan air menjadi lahan datar yang dipenuhi tumpukan tanah. 

"Upaya kami telah mengangkat tanggul, tapi air sungai terus meluap, bahkan dua panel beton kami (rusak) hingga akhirnya membanjiri jalan," kata Reza kepada AFP, Kamis (12/10/2017).
Terkait hal itu akan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung untuk menanyakan dugaan pengalihan fungsi resapan tersebut berubah menjadi setumpuk tanah.

"Ada dugaan pengalihan penggunaan lahan di sekitarnya, ada rawa yang merupakan tumpukan, ada lapangan yang digelar kemarin sampai danau lebih tinggi dari jalan," katanya.

www.pokerjingga.org

Selain itu Jasa Marga akan berkoordinasi dengan Pemkot Cimahi karena diduga penyempitan arus yang menyebabkan aliran air lebih besar ke hilir. Meski begitu, pemeriksaan rutin memastikan pemeriksaan saluran dan kesiapan pompa air untuk mengantisipasi genangan air di sekitar jalan tol yang bisa menghambat laju kendaraan.

"Ini kejadian berulang, komitmen kami tidak terulang lagi, tidak hanya Jasa Marga, tapi lintas sektoral," kata Reza.