Panglima TNI Ditolak Masuk AS Jadi Sorotan Media Internasional

Panglima TNI Ditolak Masuk AS Jadi Sorotan Media Internasional

http://harian44.blogspot.com/

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak kewenangan Amerika Serikat (AS) untuk memasuki negeri Paman Sam. Penolakan Jenderal Gatot menjadi sorotan media asing.

Misalnya, Reuters, yang melaporkan penolakan tersebut dengan judul 'Indonesia menuntut jawaban setelah kepala militer menolak masuk A.S.'. Artikel tersebut berisi tentang Indonesia yang ingin mengirimkan catatan diplomatik ke Sekretaris Luar Negeri AS dan mengundang duta besar AS di Indonesia untuk menjelaskan penolakan tersebut.

Media AFP menggelar titel 'Indonesia mengatakan kepala militer dilarang dari AS, mencari penjelasan' juga berkhotbah sama. Gatot pergi ke AS untuk menghadiri Konferensi Pemimpin Pertahanan untuk Organisasi Ekstrimatif Kekerasan Negara (VEO) yang akan diadakan pada tanggal 23 dan 24 Oktober besok di Washington DC. Undangan tersebut dikirim oleh Jenderal AS Joseph F. Duford.

Sesaat sebelum berangkat dengan maskapai Emirates, Sabtu (20/10) kemarin, Komandan menerima pemberitahuan dari US Customs and Border Protection bahwa dia seharusnya tidak memasuki wilayah AS. Padahal, kata Wuryanto, keberangkatan ini juga merupakan kepergian Gatot sebagai utusan Presiden Jokowi

Tidak hanya Reuters dan AFP, media internasional lainnya yang melaporkan tentang penolakan Jenderal Gatot ke AS adalah seperti The Washington Post, dan The Sydney Morning Herald.

Terkait dengan hal tersebut, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan telah berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui telepon mengenai penolakan AS atas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Donovan meminta maaf.

www.pokerjingga.org

"Duta Besar Joseph Donovan telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan General Gatot," kata kedutaan besar AS dalam sebuah pernyataan ke Indonesia pada hari Minggu (22/10).

Staf KBRI akan tetap berhubungan dengan staf Gatot. Kedubes AS mengaku terus berusaha mengajak Billy datang ke AS untuk menghadiri acara tersebut di atas.

Sayangnya, Kedubes AS tidak menjelaskan secara rinci apa yang menyebabkan Gatot ditolak masuk ke AS.