Puluhan Kayu Jati Hasil Curian Diamankan Polhut di Tegal



Puluhan Kayu Jati Hasil Curian Diamankan Polhut di Tegal

http://harian44.blogspot.com/

Puluhan kayu jati glondongan hasil pemotonganliar diamankan Tim Polisi Hutan (Polhut) Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Balapulang, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Namun kawanan pencuri tersebut berhasil melarikan diri dari polisi .

Polhut berhasil mengamankan kayu jati itu saat diangkut dengan menggunakan truk. Barang bukti sudah diamankan di Perhutani KPH Balapulangoleh polhut . Barang bukti yang disita berupa kayu jati sebanyak 30 buah dengan panjang masing masing 2 meter dan diameter antara sekitar 25-40 cm.

Keberhasilan polhut dalam mengamankan kayu jati tersebut berawal dari adanya informasi dari masyarakat mengenai adanya truk yang mengangkut kayu jati di petak 120 Resort Pemangku Hutan (RPH) Pengarasan Tonjong  di Kabupaten Brebes.

"Informasi yang masuk pada hari Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. Waktu itu, saya langsung mengumpulkan para tim buser Pomob (polisi hutan mobil) untuk menuju ke lokasi tersebut ," kata Budi Sutomo, Wakil Administratur Perhutani KPH Balapulang Tegal, Jumat 6/10/2017.

Saat hendak menuju ke tempat lokasi, petugas melihat sebuah truk mengangkut kayu jati sedang melintas di Jalan Raya Tegal-Purwokerto. Tepatnya berada di Desa Kesambi, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. Tim buser polhut kemudian langsung menghentikan truk bernopol E 9501 VP tersebut .

www.pokerjingga.org

Namun saat dihentikan petugas, pengemudi truk dan satu orang penumpang yang diduga pemesan kayu jati langsung segera turun dan melarikan lari. Demikian pula seorang pengendara sepeda motor matic yang diduga sebagai pengawal truk tersebut juga langsung kabur.

"Di dalam truk ada dua orang. Mereka semua kabur . Yang mengawal truk itu juga kabur. Dia mengendarai sepeda motor matic," ungkap Budi