Pengacara Novanto akan Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional



Pengacara Novanto akan Tuntut KPK ke Pengadilan HAM Internasional

http://harian44.blogspot.com/

KPK secara resmi menahan Setya Novanto terkait proyek pengadaan kasus korupsi e-KTP selama 20 hari ke depan. Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, mempertanyakan kewenangan KPK mengenai penahanan tersebut.

"Ya, itulah yang bisa dia katakan sesuai keinginannya, sekarang saya mengembalikannya, karena ketika KPK memiliki kewenangan dan berdasarkan hukum apa, artikel apa, bisa menangkap orang tanpa diperiksa," kata Fredrich di RSCM Kencana, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. , Jumat (17/11/2017)

Penahanan Novanto dalam kondisi buruk juga dikritik. Menurutnya, penahanan ini sebagai pelanggaran hak asasi manusia. Fredrich berencana menuntut penahanan kliennya ke pengadilan hak asasi manusia internasional.

"Dan kemudian, dalam keadaan sakit, ini sangat serius, ini adalah pelanggaran hak asasi manusia internasional yang jelas, saya telah melihat kinerjanya, kami telah merencanakan untuk menuntut di pengadilan hak asasi manusia internasional sehingga saya akan siap dalam Tak lama lagi, "katanya.
Fredrich menolak menandatangani surat penahanan yang ditunjukkan oleh penyidik ​​KPK. Penolakan itu dilakukan karena menurutnya tidak ada alasan hukum.

"Mereka akan memaksa kami untuk menandatangani dan kami menolak, jadi sekarang ini adalah sisi sepihaknya, kami belum pernah menerima kasus ini karena ada pelanggaran hak asasi manusia dan tidak ada alasan hukum," katanya.

Fredrich telah berdebat dengan penyidik ​​KPK untuk penahanan ini. Dia mempertanyakan alasan hukum penahanan Novanto.

www.pokerjingga.org

"Saya bertanya kepada penyidik, 'apa hak Anda memegang klien saya?' (Dijawab) 'Saya memiliki kekuatan ... Saya bertanya' apa nomor hukumnya? 'Saya bertanya' sekarang UU pidana pidana berlaku untuk KPK? '(Dijawab)' Berlaku '.' Beritahu saya kenapa saya tidak menemukan seseorang yang bisa menahan orang dalam belum diperiksa dan langsung ditangkap dan penyakitnya cukup serius? 'Tidak bisa menjawab' Ya saya punya kekuatan ', ini jawaban penyidik ​​KPK. , "jelasnya.
Sebelumnya kabarnya, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan telah menjalankan prosedur yang sah dalam penahanan dan pengiriman Novanto.

"Kami memastikan bahwa proses penahanan itu benar, kami memastikan bahwa sejak penahanan kami diterbitkan dan kami juga membacanya, kami pun mengirimkannya ke berita penangkapan duplikat istri tersangka dan saya kira begitu," kata Kabiro PRAS KPK Febri Diansyah kepada wartawan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (17/11).

Febri memastikan bahwa semua pilihan telah diberikan kepada Novanto, sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (Criminal Procedure Code). Bahkan beberapa tahap persetujuan telah ditawarkan, baik kepada Ketua DPR, maupun perwakilannya.

Novanto saat ini sedang menjalani perawatan di RSCM. Selama prosesnya, dia akan dijaga KPK dan Polri.