Saat Jokowi Keluarkan 'Jimat' di Sela Rapat Maraton KTT ASEAN



Saat Jokowi Keluarkan 'Jimat' di Sela Rapat Maraton KTT ASEAN

http://harian44.blogspot.com/

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan maraton pada KTT ASEAN ke-31 di Manila, Filipina. Selama kurang lebih 15 jam pertemuan di ruang ber-AC (AC), buat Jokowi mengeluarkan 'jimat'. Apa itu?
Jokowi memulai KTT ASEAN di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Senin (13/11/2017) sekitar pukul 09:00 waktu setempat. Acara diawali dengan Upacara Pembukaan KTT ASEAN ke-31.

Pertemuan berakhir sekitar pukul 00.00 waktu setempat atau sekitar 15 jam Jokowi bertemu maraton. Ada istirahat untuk makan siang sekali dan beberapa rehat kopi di setiap pertemuan.

Pertemuan Jokowi termasuk Pertemuan Tingkat Tinggi ASEAN Summit ke-31, Antarmuka Pemimpin ASEAN dengan Dewan Penasihat Bisnis (ABAC), Konferensi HUT ke-40 ASEAN-AS, KTT ASEAN-PRC ke-20, KTT ASEAN-Korea ke-19 di Selatan, KTT ASEAN-Jepang ke-20 , pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jendral PBB Antonio Gutteres dan KTT ASEAN ke-9 PBB,
Pasa saat KTT ASEAN ke-19, Jokowi dari Korea Selatan, mengenakan kemeja putih yang dibungkus mantel hitam dan dasi merah terlihat serius mendengarkan paparan dari sisi Korea Selatan. Di sela-sela, tangan kanannya mengambil sebotol kecil dari balik saku jaketnya. Botol kemudian membuka tutupnya dan isinya dioleskan ke kedua tangan.

www.pokerjingga.org

Selanjutnya, Jokowi melihat-dekat tangannya ke hidungnya dan mencium aroma di tangannya dengan ekspresi serius dan menatap ke arah Korea Selatan. Diketahui, isi botol tersebut dioleskan ke tangannya adalah minyak kayu putih, 'jimat' yang selalu dia simpan untuk menangkal rasa sakit di tubuhnya.

"Presiden memiliki 11 pertemuan di ruang ber-AC dan baru pulang ke rumah pada pukul 00.19. Agenda sangat ramai, sehingga Presiden juga sempat membuang minyak kayu putih dari saku jaketnya," kata Deputi Bidang Protokol, Sekretariat Pers dan Media. Presiden Bey Machmudin ke detikcom, Selasa (14/11/2016)