Urine Berwarna Hijau Jadi Perbincangan di Internet

Urine Berwarna Hijau Jadi Perbincangan di Internet

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Sebuah foto beredar di Figure 1, sebuah forum berbagi untuk kalangan dokter dari seluruh dunia. Foto tersebut menampilkan urine dengan warna tak biasa, yakni hijau.

Lazimnya, urine berwarna jernih hingga kekuningan. Urine berwarna hijau dalam sebuah kantong yang tersambung dengan kateter tersebut jadi perbincangan karena dianggap tidak lazim.

Dikutip dari Mayo Clinic, urine berwarna hijau bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah pemakaian pewarna methylen blue untuk menguji fungsi ginjal. Warna biru yang dihasilkan senyawa ini bisa menghasilkan warna hijau ketika berpadu dengan warna kuning dari

Kemungkinan lainnya adalah penggunaan obat-obat tertentu, seperti amitriptyline, indomethacin, dan propofol. Bisa juga disebabkan oleh hypercalcemia, sebuah kelainan langka yang diturunkan dan sering disebut juga blue diaper syndrome.

http://pokerjingga.online/index.php

Beberapa jenis infeksi saluran kemih juga menyebabkan urine berwarna hijau. Salah satunya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas.

Dalam foto yang jadi perbincangan tersebut, catheter bag yang menampung urine memberikan petunjuk bahwa urine berwarna hijau berasal dari pasien yang tengah dirawat intensif.