Korea Utara dan Korea Selatan Siap Duduk Bersama untuk Perundingan



Korea Utara dan Korea Selatan Siap Duduk Bersama untuk Perundingan.

http://harian44.blogspot.com/

 Korea Utara dan Korea Selatan telah sepakat duduk bersama. Kedua negara yang memiliki hubungan 'panas' ini sepakat menggelar perundingan pada 15 Januari.

Pertemuan ini akan dipimpin oleh Menteri Unifikasi Cho Myung-Kyun. Perundingan akan digelar di Pavilion Tongil di wilayah Korea Utara, dekat desa gencaan senjata Panmunjom pada Senin (15/1/2018).

Seperti dilansir Reuters, perbincangan perundingan itu akan membahas prospek Korea Utara mengirim kelompok pertunjukan seni ke Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Kementerian Unifikasi mengatakan, Korea Utara telah megusulkan untuk mengadakan pembicaraan pada 15 Januari mengenai masalah tersebut.

"Selain itu, kementerian tersebut juga meminta tanggapan cepat atas usulan Korea Selatan pada 12 Januari untuk melakukan perundingan tingkat kerja mengenai partisipasi Utara di Olimpiade musim dingin Pyongchang," kata Kementerian Unifikasi dalam keterangan resminya seperti dilansir Reuters, Minggu (14/1/2018).

Pejabat Korea Utara dan Selatan pada pekan ini telah sepakat mengadakan negosiasi untuk menyelesaikan masalah dan mencegah konflik yang tidak disengaja. Hal ini dilakukan setelah terjadi ketegangan selama dua tahun atas program senjata Korea Utara.

www.pkjingga.com

Tak hanya itu, untuk memperkuat kerjasama, akan dibentuk tim hoki wanita gabungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan. Pejabat Komite Olimpiade Internasional Korea Utara (IOC) mempertimbangkan usulan tersebut. Kedua belah pihak akan membicarakan masalah itu pada 20 Januari.

Tak hanya di bidang olahraga, dalam sebuah pernyataan bersama setelah 11 jam perundingan pada Selasa (9/1), Korea Utara dan Selatan telah sepakat akan mengadakan perundingan antar militer. Korea Utara akan mengirim delegasi besar ke Olimpiade Musim Dingin bulan depan.