Kali Besar Kota Tua Jadi Seperti Sungai di Seoul

Kali Besar Kota Tua Jadi Seperti Sungai di Seoul

http://harian44.blogspot.com/

Harian44 - Kawasan Kali Besar Kota Tua sudah hampir selesai direvitalisasi. Proyek revitalisasi yang dikerjakan selama hampir dua tahun itu mulai tampak bentuknya.

Kawasan Kali besar memang belum dibuka untuk wisatawan. Jalanan di sepanjang Jalan Kali Besar Barat dan Kali Besar Timur tersebut masih ditutupi pagar seng.

Meski demikian, beberapa kantor dan warung makan di sekitar lokasi sudah buka. Pintu kecil di sudut jalan dibuka untuk mereka yang bekerja di kantor dekat kawasan itu.

Jika berjalan agak ke dalam, dapat diketahui kalau kawasan itu didesain untuk pejalan kaki. Pijakan yang disusun dari batu alam tampak sudah terpasang rapi.


Para pekerja proyek mengerjakan beberapa pekerjaan yang belum tuntas, seperti memasang lampu penerangan. Pasir dan batu sisa proyek masih tampak belum dibersihkan.

Mendekat ke pinggir sungai. Terlihat di lokasi sudah terpasang beberapa tempat duduk untuk bersantai. Dibuat juga jalur untuk berjalan di tengah sungai dari pelampung. Di tengah jalur itu, ditanam juga pohon untuk menambah keindahan kawasan.

Kondisi air sungai masih terlihat kotor. Namun, penyaring air sudah dipasang di kawasan Pasar Asemka, dekat dengan kawasan Kota Tua.


Terkait revitalisasi, pengelola Kawasan Kota Tua Jakarta berharap Kali Besar itu bisa menjadi secantik sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan. Sungai di tengah kota Seoul, Korea Selatan itu dikenal juga sebagai kawasan wisata.


http://pkjingga.com/index.php