Raja Arab Saudi Sumbangkan Rp 2 T untuk Wakaf Islam Yerusalem


Raja Arab Saudi Sumbangkan Rp 2 T untuk Wakaf Islam Yerusalem

http://harian44.blogspot.com/

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menyumbangkan US$ 150 juta (Rp 2 triliun) untuk Wakaf Islam Yerusalem. Wakaf Islam Yerusalem merupakan badan yang ditugaskan untuk mengawasi tempat-tempat suci Islam di Yerusalem Timur.

Seperti dilansir media lokal Saudi Gazette dan kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (16/4/2018), pemberian sumbangan ini diungkapkan Raja Salman saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab di Dhahran, Saudi yang digelar setiap tahun.

Dalam forum yang sama yang digelar Minggu (15/4) waktu setempat, Raja Salman juga menawarkan bantuan US$ 50 juta (Rp 678 miliar) kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina atau UNRWA

Raja Salman juga mengumumkan bahwa KTT Liga Arab ke-29 yang digelar selama seharian ini disebut sebagai 'KTT Quds' atau 'KTT Yerusalem'. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan semua orang di dunia bahwa Palestina selalu terukir di hati nurani warga Arab.

"Palestina dan rakyatnya ada di hati seluruh warga Arab dan umat muslim," ucap Raja Salman dalam forum itu.

Sebanyak 16 pemimpin Arab menghadiri KTT yang digelar sehari setelah Amerika Serikat (AS), Prancis, dan Inggris menyerang Suriah terkait serangan kimia yang menewaskan puluhan warga sipil di Douma.

Konflik Suriah, isu Palestina dan dugaan intervensi Iran terhadap persoalan negara-negara Timur Tengah mendominasi pembahasan dalam KTT ini.

www.pkjingga.com

KTT Liga Arab ini digelar tiga bulan usai pemerintah AS di bawah Presiden Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan itu memicu kecaman global.

Sebulan usai keputusan itu atau pada Januari lalu, AS mengumumkan pihaknya menahan bantuan kemanusiaan US$ 65 juta untuk UNRWA.