Selain Kerangka, Ditemukan Juga Cap Tangan Berusia 36 Ribu Tahun


Selain Kerangka, Ditemukan Juga Cap Tangan Berusia 36 Ribu Tahun

http://harian44.blogspot.com/

Tim Arkeologi Makassar menemukan kerangka utuh manusia prasejarah yang diduga berusia ribuan tahun. Di lokasi penemuan juga terdapat cap tangan manusia yang berusia 36 ribu tahun.

Lokasi penemuan sisa-sisa kehidupan prasejarah ini berada di sekitar wilayah Goa Jarie yang berada di wilayah Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

"Di dalam goa ini terdapat lukisan cap tangan manusia prasejarah yang usianya diduga mencapai 36 ribu tahun lalu," kata Ketua Tim Arkeologi dan Prasejarah Balai Arkeologi Makassar, Budianto Hakim di Makassar, Rabu (30/5/2018).

Menurut Budianto, sudah ada penemuan-penemuan cap tangan praserajah sebelumnya di beberapa goa di wilayah perbukitan Maros-Pangkep.

"Lukisan cap tangan sebelumnya juga pernah ditemukan di goa Leang-leang dan sebagainya. Ada 7 lokasi kalau tidak salah," sebutnya.

Khusus di Goa Jarie, selain ditemukan lukisan cap tangan juga ditemukan berbagai macam tembikar, kerang sungai dan laut, hingga perkakas prasejarah.

www.pkjingga88.com

"Ada juga ditemukan arang dan alat-alat bantu sehari-hari, serta tulang binatang," terangnya.

Sebelumnya, sebuah kerangka utuh manusia prasejarah ditemukan tim arkeolog. Kerangka ini diduga berusia ribuan tahun.

Menurut Budianto, pada tahun 2016 lalu dirinya bersama tim arkeologi Prancis mendatangi wilayah Goa Jarie untuk melakukan penelitian. Dalam penelitian itu, dia menemukan sebuah gigi graham yang berusia rubuan tahun.

"Kalau perkiraan awal kami, usia kerangka yang ditemukan berusia 4.000 tahun," terangnya.

KLIK UNTUK MENDAFTAR :)
http://www.pkjingga.com/ref.php?ref=TESTT777