Trembesi akan Teduhkan Ruas Tol Gempol-Pasuruan


Trembesi akan Teduhkan Ruas Tol Gempol-Pasuruan

http://harian44.blogspot.com/

Ruas Tol Gempol-Pasuruan Seksi II yang menghubungkan Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, (22/6). Kedepan, tol yang telah dioperasikan secara fungsional sepanjang arus mudik 2018 ini diharapkan semakin efektif menunjang transportasi lintas Pulau Jawa.

Tidak hanya infrastruktur jalan, pembangunan tol tersebut juga memperhatikan aspek lingkungan hidup. Pohon Trembesi yang dikenal sebagai pohon peneduh telah ditanam di tol sepanjang 34,15 kilometer ini. Pohon peneduh diharapkan dapat memberi manfaat positif bagi para pengguna jalan.

Upaya penghijauan jalur tepi di sepanjang tol ini dilakukan atas kerja sama Djarum Foundation melalui program Djarum Trees For Life (DTFL) dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Tol Gempol-Pasuruan merupakan bagian penting dari Tol Trans Jawa yang menjadi jalur transportasi utama dan padat kendaraan di Pulau Jawa. Maka sangat penting untuk membangun juga infrastruktur hijau di sekitarnya yang mampu bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan, menjadi peneduh dan menyerap polusi udara," ujar Vice President Director Djarum Foundation FX, Supanji, Jumat (22/6/2018).

Supanji menjelaskan, pihaknya menargetkan menanam tidak kurang dari 5.000 pohon di sepanjang tol tersebut. Penanaman dilakukan secara bertahap yang terbagi dalam sejumlah seksi. Menurut Supanji, saat ini sudah tertanam sebanyak 1.150 pohon.

"Penanaman Trembesi sudah dilakukan di Tol Gempol-Pasuruan Seksi I sepanjang 15 kilometer. Untuk Seksi II dan III saat ini masih dalam proses. Ini masih akan terus bertambah hingga total nanti ada 5.000 pohon tertanam," ungkapnya.

Mengenai pemanfaatan Pohon Trembesi sebagai peneduh, salah satu spesies tumbuhan hutan dengan nama Samanea Saman atau Albizia Saman, dapat menyimpan air dan menjaga kesuburan tanah yang memiliki daya serap gas CO2 yang sangat tinggi. Dengan diameter tajuk sepanjang 15 meter, satu batang pohon mampu menyerap 28,5 ton gas CO2 setiap tahunnya.

"Kalau sudah tertanam seluruhnya 5.000 Trembesi di Tol Gempol-Pasuruan, maka daya serap polutannya akan mencapai 142 ribu ton CO2. Ini akan sangat efektif dalam menurunkan kadar polutan yang tinggi di jalan tol," terang Supanji.

www.pkjingga88.com

Tidak hanya di Tol Gempol-Pasuruan, upaya penghijauan ini juga akan dilakukan Djarum Trees For Life di seluruh Tol Trans Jawa. Di Tol Surabaya - Mojokerto sepanjang 36,27 kilometer, Djarum Trees For Life saat ini telah menanam 3.900 Trembesi dari total target 5.000 pohon. Di tahun 2016 upaya serupa sudah tuntas dilakukan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan tertanam 12.979 Trembesi sepanjang 116 kilometer.

"Trembesi ini sangat terasa manfaatnya sejak kami menuntaskan penanaman di sepanjang 2.650 kilometer jalan raya di Pulau Jawa dan Madura. Maka dari itu kami kemudian memutuskan untuk melanjutkan penanaman di Tol Trans Jawa. Dengan harapan pohon-pohon yang kami tanam dapat menyerap CO2 di jalur-jalur transportasi padat di Indonesia," tambahnya.

Perawatan Berkala

Selain penanaman, Djarum Trees For Life juga berkomitmen melakukan perawatan terhadap pepohonan tersebut selama tiga tahun sejak ditanam. Perawatan akan dilakukan secara berkala dan tersistem berdasarkan data pohon tertanam. Perawatan meliputi pemupukan pohon, penyiraman, pendangiran, penyiangan, dan pemangkasan pohon jika terlalu lebat. Setiap pohon yang rusak atau mati akan diganti dengan tanaman yang baru.

"Dalam penanaman, kami juga memperhatikan aspek fungsionalitas dan keamanan pengguna jalan. Supaya pohon ini tidak hanya berfungsi dengan baik, tapi juga tidak menimbulkan bahaya," kata Supanji.

Setiap Trembesi yang ditanam, minimal berjarak 15 meter antar pohonnya, sehingga bisa memberikan bentang luas sebagai peneduh dan menghindari penumpukkan dahan. Proses pemangkasan berkala juga dilakukan untuk menghindari pohon membentang terlalu rendah ke jalan.

Trembesi yang ditanam pada program ini dibudidayakan di Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) yang didirikan dan dikelola oleh Djarum Foundation sejak tahun 1979. Berpusat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, beragam tanaman langka dari berbagai daerah dibudidayakan di sini. Tidak hanya itu, di sini juga dilakukan pembibitan untuk tanaman konservasi, baik buah maupun non buah seperti Trembesi, Kenari, Mahoni, Asem, dan Randualas.

Kurang lebih 100 ribu bibit diproduksi oleh Djarum Foundation setiap tahunnya. Mereka tidak akan berhenti menjaga komitmen ini demi terwujudnya negeri nyaman dan lestari serta kualitas hidup yang lebih baik untuk generasi yang akan datang.