24 Orang Tewas Akibat Rentetan Ledakan di Gudang Petasan Meksiko


24 Orang Tewas Akibat Rentetan Ledakan di Gudang Petasan Meksiko

http://harian44.blogspot.com/

Setidaknya 24 orang tewas akibat rentetan ledakan di gudang petasan di kota Tultepec, Meksiko tengah. Para korban tewas termasuk petugas pemadam kebakaran dan polisi yang tewas saat menyelamatkan nyawa orang lain.

Ledakan pertama terjadi pada Kamis (5/7) sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Ledakan kemudian juga terjadi di gudang-gudang lain saat polisi dan petugas pemadam kebakaran mulai menangani korban-korban ledakan pertama.

Tultepec, kota dengan penduduk sekitar 65 ribu orang yang berada di utara Mexico City, ibu kota Meksiko, dikenal akan tradisi petasannya yang sangat berakar, dan telah beberapa kali mengalami peristiwa mematikan yang melibatkan petasan.

"Kami sangat menyesalkan kematian mereka yang tewas pagi tadi di Tultepec, termasuk para petugas pemadam kebakaran dan polisi yang kehilangan nyawa mereka saat menyelamatkan banyak orang lainnya," demikian disampaikan Palang Merah di negara bagian Mexico, tempat Tultepec berlokasi, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (6/7/2018).

Para pejabat setempat mengatakan, 24 orang tewas -- termasuk seorang anak -- dan 49 orang lainnya luka-luka dalam insiden tersebut. Para korban tewas termasuk empat petugas pemadam kebakaran dan lima polisi.

www.cemejingga.com

Tultepec dikenal akan pabrik-pabrik yang memproduksi petasan, yang digunakan warga Meksiko untuk merayakan ulang tahun dan hari-hari orang kudus. Sebelumnya pada 6 Juni lalu, tujuh orang tewas akibat ledakan serupa.

Pada 20 Desember 2016, sebanyak 42 orang tewas dan 70 orang luka-luka dalam serangkaian ledakan hebat di pasar San Pablito di Tultepec, pasar petasan terbesar di Meksiko.