Desa Terpencil Yang Kini Menjadi Sebuah Hotel


Desa Terpencil Yang Kini Menjadi Sebuah Hotel

http://harian44.blogspot.com/
 
HARIAN44 - Desa yang berada di lereng Pegunungan Corippo, Swiss disulap menjadi hotel. Desa ini merupakan desa terpencil yang hanya memiliki populasi 12 orang.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu(29/9/2019) desa kecil ini dibuah menjadi hotel atas gagasan yayasan lokal Fondazione Corippi 1975. Mereka menyulap desa tertinggal nan suram menjadi salah satu akomodasi untuk liburan keluarga dengan suasana tidak biasa. Hotel ini bernama Verzasca Rustici.

Desa ini berada di lereng Pegunungan Corippo, di atas ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Berhadapan langsung dengan Lembah Verzasca di Canton Ticino, Swiss.

http://harian44.blogspot.com/

Dulunya desa ini adalah kawasan pertanian yang berkembang dengan populasi sekitar 300 penduduk. Namun semakin hari semakin menyusut, hingga tersisa 12 orang. 11 di antaranya berusia di atas 65 tahun. Bisa bayangkan bagaimana sepinya kehidupan desa ini, bukan?

Desa ini tidak hanya memiliki rumah penduduk, namun juga ada restoran kecil, balai kota, pabrik, lapangan, museum, taman dan perkebunan yang telah ada sejak 1800. Namun semua itu terbengkalai.

Bangunan desa ini sangat unik seperti dunia dongeng. Rumah-rumah bebatuan dengan corong lancipnya, gang-gang sempit, dan pemandangan pegunungan yang eksotis. Sayang sekali bila nuansa seperti ini hilang begitu saja dimakan zaman.

http://harian44.blogspot.com/

Proyek ini dinamakan Albergo Corippo. Mereka menyulap ruangan-ruangan yang tua, kusam menjadi sebuah kamar cottage nan menawan. Tentu saja mereka tidak menghilangkan bentuk bangunan asli.

Bukan hal mudah mengelola sebuah hotel yang berada di kawasan pegunungan nan terpencil. Ditambah lagi susahnya mendapatkan air bersih.

Selain itu akses ke sini sangatlah sulit, tidak ada jalan yang bisa dilewati mobil. Juga kendala terhadap orang yang akan menyambut turis bila datang ke desa. Saat ini pun mereka tidak hanya fokus pada pembangunan hotel saja, namun juga membangun infrastruktur.

pokerjingga.me

Ide untuk menyulap desa ini menjadi hotel telah ada semenjak tahun 90-an. Corippi pun berusaha mencari investor dan mencari desain dan konsep menarik untuk mengelola cottage.

Beberapa rumah pun telah selesai dimodifikasi ruangannya hingga terlihat sangat nyaman. Sentuhan klasik dipadu dengan kekinian, warna ruangan yang lembut.

Interiornya pun tidak muluk-muluk. Siapapun yang datang dan menginap di sini berasa seperti di rumah. Tidak berkesan mewah, namun nyaman dan terasa hangat. Di tambah lagi pemandangan Lembah Verzasca nan menawan.

pokerjingga.me

Terdapat tiga pilihan menginap yang bisa traveler nikmati. Yaitu rustico (rumah batu tradisional), rumah rustical (rumah batu dengan nuansa modern) dan rumah lebih modern.

Untuk menginap, harga sewa perkamarnya mulai dari 133 Dolar (Rp 1,9 juta) per malam. Untuk reservasi traveler bisa langsung berkunjung ke website hotel.

pokerjingga.me\