Sulitnya Wali Kota Palu Bicara Tentang Gempa-Tsunami


Sulitnya Wali Kota Palu Bicara Tentang Gempa-Tsunami

http://harian44.blogspot.com/

HARIAN44 - Wali Kota Palu Hidayat Lamakarate buka suara soal gempa dan tsunami. Dia menyebut kesulitan berkoordinasi dengan jajarannya usai gempa tersebut.


"Memang hari pertama belum tertangani dan kami bingung mencari logistik dari mana, sehingga hari kedua baru terbentuk satgas penanggulangan bencana, ini dikomandoi oleh Danrem," kata Hidayat di Kota Palu, Sulteng, Sabtu (6/10/2018).

Dia mengatakan banyak hambatan penanganan penanggulangan bencana dalam satu hingga dua hari setelah gempa. Bahkan hingga hari keemlat usai bencana, Hidayat mengaku belum siap berkoordinasi kepada jajarannya

"Kami juga belum siap hari ke empat itu belum siap, coba kami kordinasi dengan Danndim, aparat TNI, aparat kepolisian, kemudian para camat, maka penyaluran itu kami buat posko-posko di kecamatan sehingga masyarakat ke kelurahan-keluarahan, masing-masing menunggu di sana," ungkapnya.

'Hilangnya' Hidayat sempat menjadi pertanyaan besar bagi warga Kota Palu. Dia mengaku saat gempa terjadi, hanya sedikit orang dari pemerintahannya yang bisa dihubungi. Dia beralasan masih banyak pejabat pemerintah kota Palu yang masih trauma atas kejadian itu.

"Hari ketiga baru ada pejabat, nah dengan minim orang itu bagaimana kita turun ke lapangan? Kita tahu persis persiapan logistik kita sangat minim sekali sehingga kita berupaya mencari dengan berbagai cara dan nggak mungkin kita cuma berapa orang meninjau sana meninjau sini," ungkapnya.

pokerjingga.me

"Tetapi begitu hari kelima dan keenam kami coba turun di titik yang betul-betul bencana dampak itu paling besar dan paling berat ya itu Balaroa saya bawa bantuan ke sana dan kemarin juga saya ke Petobo dan beberapa titik yang bisa saya datangi," sambungnya.