Bagaimana Jika Hacker Berhasil Retas Mobil Listrik

http://harian44.blogspot.com/

HARIAN79 - Tesla Model 3 berhasil diretas oleh sekelompok hacker, namun hal ini dilakukan dalam kompetisi yang digelar Pmw2own di bawah Zero Micro Initiative Initiative (ZDI).

Perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk ini memang aktif menggandeng para hacker topi putih (Whitehat) agar mengetahui kerentanan software yang ada di dalam mobilnya. Bagi mereka yang berhasil membobol sistem keamanannya, bakal diberi hadiah ribuan dollar.

Digelar di Vancouver, Kanada, sekelompok peretas topi putih berhasil memecahkan sistem keamanan Tesla Model 3. Amat Cama dan Richard Zhu dari tim Fluoroacetate menargetkan sistem infotainment pada Tesla Model 3 dan menggunakan "bug JIT dalam renderer" untuk mengelola kontrol sistem.


Wakil Presiden Perangkat Lunak Kendaraan di Tesla, David Lau mengatakan bahwa upaya ini dilakukan agar perusahaan dapat mengembangkan sistem dengan keamanan tertinggi.

"Kami mengembangkan mobil kami dengan standar keamanan tertinggi dalam segala hal, dan pekerjaan kami dengan komunitas riset keamanan sangat berharga bagi kami," jelas David seperti dikutip dari Electrek.

pokerjingga.me

Bukan kali pertama, pada tahun 2016, Tesla mendapatkan laporan dari kelompok peretas bernama Whitehat di Cina yang meretas Tesla Model S dari jarak jauh melalui hotspot Wi-Fi berbahaya. Hal tersebut diyakini sebagai peretasan jarak jauh pertama yang mampu membobol Tesla.

Para peretas melaporkan kerentanan terhadap Tesla sebelum diketahui publik dan pembuat mobil asal Amerika Serikat itu mendorong pembaruan dengan cukup cepat.