Disewa Motor Yang Bertenaga Listrik Rp. 50rb Untuk Keliling Jakarta


Harian44 - Sekuter listrik yang bernama Viar Q1 yang sudah pernah diklaim merupakan sepeda motor listrik pertama di Indonesia dengan memiliki STNK dan kini tak perlu lagi dibeli hanya untuk dikendarai. Q1 sudah menjadi armada untuk membuat bisnis baru yaitu sewa motor listrik dan yang diinisiasi startup yang bernama Vrent.

Vrent adalah sebuah layanan motor listrik sharing yang sudah berdiri pada sejak 2019, operasinya sudah didukung 20 stasiun penyewaan yang telah tersebar di Jakarta dan bakal ditambah lagi hingga menjadi 180 stasiun sebelum tahun 2020.

Bisnis sewa motor listrik ini sebenarnya bukanlah hal baru ada di Jakarta, sebelumnya sudah ada penyedia sewa motor tersebut yang bernama Migo. Meski seperiti itu, Migo juga sempat menjadi permasalahan di dalam kepolisian dan Kementerian Perhubungan karena tidak adanya sama sekali izin operasional dan produk yang disewakan ini tidak pernah diuji tipe agar layaknya dibawa jalan.

Beda dari Migo tersebut, Vrent menyebut Q1 yang disewakan ini sudah sangat dilengkapi surat layaknya dibawa jalan untuk menjamin keamanan pengguna di jalan raya.

CTO Vrent yang bernama Joshua dalam keterangan resminya menjelaskan bahwa perusahaannya telah berkolaborasi dengan Triangle Motorindo yang sebagai pemegang merek Viar untuk pengadaan Q1. Yang menjadi platform penyewaan, yang telah bekerja sama dengan pemilik aplikasi Gowes, yaitu Surya Teknologi Perkasa (STP).

Biar bisa mendapatkan layanan, pengguna mesti mengunduh aplikasi Gowes yang sudah tersedia di Google Play Store sebelum menggunakan layanan rentalnya.


Baca Juga : BMKG Menghimbau Para Pemudik Waspada Dengan Dehidrasi


Joshua juga mengatakan bahwa tahap awal wilayah operasional Vrent yaitu hanya di Jakarta.

"Yang terpening adalah fokus untuk bagaimana caranya agar masyarakat dapat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi yang ada di Jakarta," kata si Joshua.

Tarif untuk sewa motor listrik Q1 ini dihitung per 15 menit, yakni sebesar Rp2.500. Selain per menit, pengguna juga bisa menyewa seharian sebesar Rp50 ribu, Rental tersebut hanya khusus pengguna harian, unit ini juga sudah dibekali charger baterai sehingga penyewa dapat melakukan pengecasan di rumah masing-masing.

Selain motor listrik tersebut bisa di cas sendiri, penyewa juga dapat melakukan pengunjungan ke Vrent Station terdekat yang bisa diketahui lokasinya langsung dari aplikasi.

Pada pemasaran Triangle Motorindo Sutjipto ada sebuah direktur dan direktur tersebut sudah menjelaskan bahwa Viar dan Vrent sama-sama memiliki visi dan misi yang sama untuk mencari solusi untuk dapat mengembalikan langit Jakarta kembali biru dan ramah untuk masyarakatnya.

"Kami merasa kehadiran Vrent yang akan menjadi jawaban untuk masalah transportasi yang ada dan sedikit banyak untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengendarai motor listrik," kata si Sutjipto.