Kondisi Terhadap Gunung Sinabung Setelah Erupsi



Harian44 - Gunung Sinabung yang berada di Sumatera Utara kembali erupsi lagi pada hari Selasa tanggal 7 Mei 2019. Erupsi tersebut terjadi pada pukul 07.48 WIB.

Tinggi pada kolom abu teramati mencapai hingga 2.000 meter di atas puncak Gunung Sinabungnya tersebut. Status gunung berada pada Levi IV atau biasa di sebut juga (Awas).

Untuk itu, pada masyarakat atau juga pengunjung dihimbau jangan melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer di dekat gunung sinabung untuk sektor Utara-Barat, dan 4 kilometer untuk sektor Selatan-Barat.

Selain itu, pada ke-empat kecamatan yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung terkena dampak abu vulkanik.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara yang erupsi pada pukul 07.48 WIB. Tinggi kolom abu teramati mencapai hingga 2.000 meter di atas puncak.

"Kolom abu Gunung Sinabung teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara gunung. Erupsi ini terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan juga dirasi 42 menit 49 detik." Demikian keterangan dari pos pengamatan gunung berapi sinabung yang diterima pad ahari Selasa, 7 Mei 2019 tersebut.

Saat ini, hujan abu juga masih berlangsung. Gunung yang berstatus Level IV (Awas). Untuk itu juga asyarakat atau pengunjung dihimbaukan agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer untuk sektor Utara -Barat, 4 kilometer untuk sektor Selatan - Barat,

Selain itu, dalam jarak 7 kilometer untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 kilometer untuk sektor Tenggara - Timur serta dalam jarak 4 kilometer m untuk sektor Utara -Timur


"Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai dari genangan banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan yang lebat," ditulis pada keterangan yang sudah ada.