Beberapa Kebiasaan Buruk yang dapat Menyebabkan Aroma Tubuh Kita Tidak Sedap



harian44 – kita sebagai manusia dalam memiliki aroma tubuh yang wangi merupakan keinginan hamper dari semua orang. Bagaimana tidak, aroma tubuh yang tak sedap itu sangat mengganggu untuk kita, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Selain itu bau dari badan juga turut menjadi sebuah landasan utama tingkat kepercayaan diri seseorang.

Kondisi tubuh dengan mempunyai aroma yang tidak sedap bisa saja dipengaruhi oleh berbagai faktor. Tak hanya produksi air keringat yang berlebihan. Namun, ternyata dari kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan saja bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kalian anggap sepele sehingga dapat menjadi penyebab aroma tubuh kita tak sedap. Berikut ini harian44, Jumat (26/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber mengenai beberapa kebiasaan yang ternyata bisa menyebabkan bau badan menjadi tak sedap.

Suka Menahan Buang Air Kecil


Apabila kalian kebiasaan dalam tidak menyegerakan buang air kecil saat sudah memiliki tanda-tandanya, maka itu tak heran kalau memiliki kondisi tubuh kalian dengan aroma yang tidak sedap. Ya, segala macam sisa cairan pembuangan yang mengendap dalam tubuh kita itu mengandung racun.

Apabila kita tak membuangnya secepat mungkin, maka akan muncul beberapa masalah pada kesehatan kalian. Apabila kalian malah sering menahan buang air kecil dan juga buang air besar maka akan menyebabkan penumpukan ammonia yang dalam konsentrasi tinggi yang dibuang lewat keringat kalian nantinya.

Tidak Mencukur Bulu Ketiak Secara Rutin


Bulu-bulu yang ada di ketiak juga merupakan salah satu faktor penyebab aroma tubuh kita menjadi tidak sedap. Hal ini bisa terjadi karenakan adanya bulu di ketiak yang dibiarkan memanjang dalam jangka waktu yang lumayan lama.


Memang benar bahwa, memanjangkan bulu ketiak merupakan sesuatu hal yang lumrah. Namun apabila kalian suka dengan kondisi seperti itu, maka kalian hanya perlu melakukan trimming serta mencucinya dengan benar

Stress


Bila kalian tak bisa mengontrol tingkat stress yang terjadi pada diri kalian, maka kalian bisa saja mengalami yang namanya aroma tubuh menjadi tak sedap. Mengapa seperti itu? Ya, saat kalian sedang stress, otomatis keringat kalian akan diproduksi melalui kelenjar keringat yang disebut dengan kelenjar apokrin.

Air keringat yang dikeluarkan melalui apokrin ini bisa merupakan keringat yang kurang berair dan juga kerap mengandung bakteri dari lemak kalian serta protein yang bercampur. Oleh sebab itu, saat kalian sedang stress maka dapat saja membuat aroma tubuh kalian akan cenderung tidak sedap walaupun kalian sudah mandi dan juga memakai parfum.

Pola Makan yang Salah


Mengonsumsi banyak makanan secara berlebihan bukan sesuatu hal yang baik untuk tubuh kita. Begitu juga saat kalian terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat protein. Dalam mengonsumsi protein secara berlebihan bisa membuat aroma badan menjadi tak sedap.

Selain itu, kalian juga perlu kurangi mengkonsumsi gorengan serta makanan pedas. Pasalnya, ada minyak yang terkandung dalam gorengan juga dapat berubah menjadi aroma yang tidak sedap di tubuhnya. Begitu juga dengan makanan pedas, tentunya ada yang mengandung sulfur yang mudah diserap oleh tubuh kita. Saat dilepaskan melalui pori-pori dikulit, maka tubuh akan menimbulkan aroma yang tak sedap.

Konsumsi Obat-obatan


Efek paling umum yang bisa terjadi dari mengonsumsi bermacam obat-obatan, baik itu yang didapatkan melalui resep atau pun nonresep, bahkan produk herbal juga bisa seperti menjadikannya berkeringat.



Obat-obatan seperti antipsikotik dan antidepresan dikenal sebagai salah satu obat yang bisa menjadi penyebab aroma tubuh yang tidak sedap. Terlebih lagi, penggunaan seperti aspirin dan acetaminophen yang berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.