harian44 - Untuk yang pertama kalinya, vendor smartphone bernama
Oppo ini telah berhasil memimpin market share smartphone yang ada di Indonesia
dengan persentase peningkatan 26 persen pada kuartal kedua tahun 2019 ini.
Menurut dari riset konsumen global Canalys, Oppo telah tumbuh
menjadi 54 persen dari tahun lalu ke tahun ini.
Dalam beberapa keterangan resmi yang diterima dari
harian44, Selasa (13/8/2019), PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto
menjelaskan bahwa, berdasarkan dari data internal, lini seri A dan F yang
menjadi sebagai faktor pendorong kenaikan market share Oppo pada kuartal kedua
tahun ini.
" Ada beberapa tipe smartphone canggih seperti A1k,
A5s, F11, F11 Special Online Edition, dan juga F11 Pro yang telah memberikan
kontribusi besar terhadap angka market share di kuartal ini," kata Aryo.
Ia juga mengatakan, Oppo pun telah berbangga dengan
posisi pertamanya yang ada di market share penjualan smartphone yang ada di
Indonesia. Aryo mengatakan bahwa , sejumlah dukungan terbesar dari konsumen dan
juga O-fans membuat smartphone Oppo dapat meraih posisi ini.
Menurut Aryo, strategi Oppo dalam menguasai pasar kelas tingkat
menengah sudah cukup tepat. Apalagi, komitmen Oppo yang selalu bisa menghadirkan
fitur-fitur perangkat kelas premium untuk berada pada perangkat kelas menengah
menjadi kunci sukses dari Oppo menguasai pasar Indonesia.
Desain
Pendekatan pada sisi desain dan juga penyajian warna dari
perangkat yang tampil beda juga diyakini Aryo, menjadi sebuah daya tarik utama dalam
menarik perhatian konsumen muda yang jadi target pasar Oppo.
" Kami juga merasa strategi kami yang sangat kuat
pada jaringan luring (offline) dan juga menjadi penyebab mengapa smartphone Oppo
ini bisa mendapat pencapaian seperti ini," tutur Aryo.
Ia juga mengatakan, fokus ke depan Oppo akan segera menyajikan
layanan purna jual yang terbaik untuk konsumennya. Dengan begitu, nantinya Oppo
juga bisa mempertahankan market share pasar yang ada di Indonesia.
Kalahkan Samsung
Perusahaan riset Canalys telah merilis laporan vendor
smartphone top di Indonesia pada kuartal II 2019 ini. Berdasarkan dari data
pengapalan unit, Oppo juga untuk pertama kalinya memimpin pasar, dan berhasil
melengserkan smartphone canggih lainnya seperti Samsung.
Mengutip dari data Canalys, pasar smartphone yang ada di
Indonesia telah menunjukan bahwa pencapaian performa yang baik pada periode
April - Juni 2019. Total pengapalan smartphone pada kuartal II 2019 ini
berhasil mencapai 11,4 juta unit, tumbuh 8,9 YoY.
Oppo juga telah memimpin dengan 26 persen pangsa pasar,
tumbuh 54 persen YoY.
Posisi kedua sekarang telah ditempati oleh Samsung dengan
24 persen pangsa pasar, dan hanya tumbuh 10 persen dibandingkan periode sama pada
tahun lalu.
" Oppo sudah berhasil melampaui pertumbuhan Samsunguntuk memimpin pasar pertama kalinya. Hal ini berkat adanya cakupan offline
yang kuat, sementara kompetisi di jalur online telah memanas," tulis
Canalys melalui akun Twitter @Canalys, Selasa (13/8/2019).
Lima Besar Smartphone di Indonesia
Lebih lanjutnya, untuk posisi lima besar lain ditempati
oleh Xiaomi, Vivo, dan juga Realme.
Pangsa pasar dari Xiaomi pada kuartal II 2019 mencapai sebesar
19 persen. Sayangnya, untuk pertumbuhan secara YoY merosot 9 persen.
Sementara untuk Vivo di posisi ke empat dengan pencapaian
15 persen pangsa pasar, serta telah memiliki pertumbuhan YoY terbesar mencapai
62 persen. Realme telah menutup posisi lima besar dengan pencapaian 7 persen
pangsa pasar.