Barcelona Akan Lebih Hati-hati dengan Kondisi Fisik Lionel Messi


harian44 – Jakarta, Bintang Barcelona yang bernama Lionel Messi ini, kini telah kembali mengalami cedera saat membela timnya menghadapi Villarreal dalam jornada keenam La Liga pada Rabu lalu (25/9/2019) WIB. Legenda Barcelona, Rivaldo, pun mewanti-wanti klub Catalan itu agar tak terlalu memaksakan Messi tergesa-gesa bermain.

Lionel Messi kini mengalami permasalahan terkait kebugarannya pada musim ini. Bahkan dalam laga terakhir Barcelona, Lionel Messi hanya dapat tampil selama 45 menit pertama pertandingan menghadapi Villarreal itu.

Rivaldo, pemain asal Brasil yang tercatat bermain dalam lima musim di Camp Nou, menegaskan Messi harus mendapatkan waktu yang cukup untuk bisa memulihkan diri dari cedera apa pun yang menderanya. Rivaldo menjelaskan bahwa saat ini untuk Barcelona tidak boleh terburu-buru untuk memainkan Messi lagi di lapangan hijau.

" Ketika pemain asal Argentina itu kembali dari cederanya, klub tersebut harus perlu berhati-hati untuk tidak membuatnya tergesa-gesa kembali bermain. Ia sudah berusia 32 tahun dan akan bermain di level tertinggi tanpa beristirahat, jadi wajar melihatnya mulai sering merasakan sakit pada tubuhnya," tulis Rivaldo dalam kolomnya untuk Betfair yang dilansir oleh Goal.

" Klub juga  perlu membiarkannya melakukan recovery penuh sehingga dia juga tidak mengalami cedera yang kambuh setiap kali kembali memperkuat tim. Bukan hanya menjadi sebuah masalah jika dia absen selama dua pekan, tiga pekan, atau satu bulan," tambahnya.

Rivaldo pun membandingkan kondisi Messi saat ini di bandingkan ketika dirinya yang masih aktif bermain di lapangan hijau, terutama ketika usianya sama seperti bintang asal Argentina saat itu. Bintang asal Brasil tersebut menegaskan bahwa bukan hal yang mudah bagi pemain berusia di atas 30 tahun untuk bermain di level tertinggi seakan dirinya masih berusia 25 tahun saja.

" Ketika saya masih di awal-awal usia 30an, saya pikir bahwa saya tidak akan pernah mengalami cedera atau pun merasa sakit. Namun, bukan hanya itu yang terjadi sebenarnya dan masalah seperti itu mulai datang. Ketika sudah mulai berusia 32 tahun tidak sama dengan ketika masih berusia 25 tahun lagi. Jadi anda perlu mengatur kebugaran Anda sendiri dengan lebih baik," ucap legenda dari Barcelona itu.

Messi Masih yang Terbaik


Cedera yang dialami oleh pemain Barcelona yang bernama Lionel Messi, di kabarkan mulai menurunnya kebugaran yang dialami sang superstar, dianggap Rivaldo bukan sebagai tanda penurunan level permainannya. Rivaldo juga masih percaya Messi masih memiliki kemampuan untuk bermain di level terbaiknya.

" Saya tidak bisa melihat kondisi ini sebagai penurunan performa Messi. Ia tetap akan kembali ke lapangan dan memilih beberapa tahun lagi untuk memperlihatkan permainan di level tertingginya," ucap Rivaldo.


Sebagai bukti dari pendapat Rivaldo tersebut, Lionel Messi juga baru-baru ini menerima penghargaaan sebagai yang terbaik karena performa yang telah diperlihatkannya. Perdebatan sempat terjadi karena banyak yang menilai dari Cristiano Ronaldo di Juventus dan Virgil van Dijk di Liverpool lebih layak mendapatkannya, tapi Rivaldo meyakini bahwa untuk Messi pun layak menjadi yang terbaik.

" Meski hanya melalui pemungutan suara yang ketat, saya yakin bahwa untuk Lionel Messi yang pantas mendapatkan penghargaan ini untuk semua yang telah dilakukannya pada musim lalu. Walaupun ia hanya memenangi La Liga, tapi dia berhasil mencetak lebih dari 50 gol dan 20 assist, serta bermain hampir 60 pertandingan dengan tuntutan yang tinggi kepadanya," jelas Rivaldo.



" Terkadang untuk bisa menjadi sebuah perdebatan mengenai apa yang lebih bernilai, gelar juara yang diraih oleh sebuah tim, atau performa dari seorang individu pemain. Bagi saya, hal ini adalah penghargaan dari seorang individu, jadi untuk Messi adalah yang terbaik pada 2019 meski Barcelona kini tidak memenangi banyak gelar juara seperti yang mereka harapkan," lanjutnya.