Beberapa Tempat Pilihan Cicipi Makanan Khas di Situbondo


harian44, Jakarta – Pada saat kalian sedang jalan-jalan di suatu daerah tak lengkap rasanya kalau tak berwisata yang namanya kuliner. Bila ada waktu memungkinkan, kalian juga bisa mencicipi makanan khas dapat jadi pilihan wisata kuliner.

Salah satu daerah yang ada di Jawa Timur ini ternyata juga kaya akan yang namanya wisata kuliner. Salah satunya di Situbondo, Jawa Timur. Kabupaten yang terletak di daerah pesisir utara Jawa di kawasan Tapal Kuda. Mengutip peta kuliner dari Trans Jawa oleh Kementerian Perhubungan, Senin (23/9/2019), daerah ini dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan juga untuk lokasi usaha perikanan.

Dengan terletaknya lokasi yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan ekonominya tampaknya terlihat aktif. Situbondo memiliki pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di Jawa yang telah dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda. Jika kalian ingin mencoba untuk mencicipi makanan khas Situbondo? Berikut makanan yang bisa dicicipi di Situbondo, Jawa Timur:

Nasi Sodu


Nasi ini merupakan sepiring nasi dengan berisi kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang ada juga diberi campuran wortel dan buncis. Intinya di dalam nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan ada sambal terasi toge.

Salah satu tempat makan ada disajikan makanan ini di hanya ada di alamat Awar-Awar, Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Yang di jam buka pada pukul 08.00 WIB.

Sate Olean


Di Situbondo ada salah satu sate legendaries milik Hj Ilmi Mufiddah. Terkenal akan tekstur sate yang empuk dan juga rasa lezat. Ada resep khusus yang membuat Sate Olean bertekstur daging emuk. Ada juga dalam pemilihan bumbu dan rempah-rempah yang sudah diwarisi Hj Ilmi turun temurun. Tempat makan yang telah di sajikan sate ini Jalan Basuki Rahmat Mimbaan Utara, Mimbaan, Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Lele Bakar Situbondo


Lele bakar yang satu ini dapat dinikmati langsung dengan nasi hangat. Akan tetapi menjadi lebih nikmat jika dicocolkan dengan sambalnya. Uniknya sebagian besar bahan lele itu dibudidayakan secara organik. Sehingga untuk Lele ini dapat ditemui di Stana Lele, Jalan Raya Banyuwangi, Desa Banyuputih RT03/RW 02 Kecamatan Banyuputih, Curahlagi, Banyuputih, Situbondo.

Menyantap Nasi Krawu Khas dari Gresik di Surabaya

Sebelumnya, di daerah Jawa Timur kaya dengan yang namanya kuliner. Di provinsi yang dipimpin oleh seorang Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan juga nasi krawu Gresik.

Nasi krawu ini merupakan salah satu masakan khas dari kota Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini ada terdiri dari potongan beberapa daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah lagi dengan sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk khas lainnya.

Asal dengan nama krawu adalah masakan khas dari krawu kelapa ini. Serundeng dari kelapa dan juga di tambah dengan bumbu manggut memberikan cita rasa di nasi krawu selain dari krawu.


Makanan khas asal Gresik ini juga dapat kalian jumpai seperti di Surabaya, Jawa Timur. Jika kalian ingin mencoba rasa masakan dari nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut ini adalah beberapa tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha


Tempat makan yang satu ini akan buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini ada menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan juga sambal.

Nasi Krawu Mbak Su


Tempat makan ini akan mulai buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan yang satu ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.



Nasi krawu ini adalah nasi yang paling terkenal di Gresik. Mbak Su telah berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, dan akan menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya akan meneruskan usaha dari mbak su.