Penjualan melonjak drastis, PLN Cetak Laba Bersih hingga Rp11 Triliun


Penjualan melonjak drastis, PLN Cetak Laba Bersih hingga Rp11 Triliun



Harian44 - PT PLN (Persero) telah mencetak laba bersih hingga Rp11,6 triliun pada tahun 2018 yang didukung dengan peningkatan penjualan dan efisiensi dari operasi perseroan.


Kata direk Keuangan PLN Sarwono Sudarto mencapai laba bersih Rp11,6 triliun pada akhir tahun lalu itu telah meningkat dibandingkan dengan tahun 2017 yakni sekitar Rp4,4 triliun. Dia juga mengatakan pencapaian itu ditopang dari penjualan, efisiensi dari operasi dan dukungan pemerintah melalui Domestic Market Obligation (DMO) batu bara.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penjualan tenaga listrik selama tahun 2018 mengalami peningkatan sekitar Rp16,9 triliun menjadi Rp263,5 triliun . ujar Sarwono dalam rilisnya.

Sarwono juga menegaskan kenaikan nilai penjualan itu didukung dengan pertumbuhan penjualan 5,15 persen sehingga volume penjualan listrik pada tahun 2018 menjadi sebesar 234 Terra Watt hour (TWh). Jumlah itu telah meningkat dibandingkan dengan perolehan sebelumnya yakni sekitar 223 TWh.




Pihak PLN menyatakan kenaikan pada konsumsi listrik selama tahun 2018 didominasi oleh pertumbuhan konsumsi listrik oleh pelanggan dibidang bisnis dan industri. Selain itu, kata dia juga karena keberhasilan PLN dalam menambah kapasitas pembangkit dan jaringan transmisi sepanjang 5.323 kilometer sirkuit (kms) dan juga Gardu Induk sebesar 13.164 MVA.

Dan untuk Peningkatan konsumsi kWh ini sendiri juga didukung oleh adanya kenaikan jumlah pelanggan yang mencapai 71,9 juta atau bertambah sekitar 3,8 juta pelanggan dari pada akhir tahun 2017, katanya

Juga tak hanya itu saja , PLN pun melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada di  dalam kendali perusahaan. Sepanjang tahun 2018, Pihak PLN berhasil melakukan efisiensi di antaranya dengan pengurangan konsumsi pada BBM.