Google Akan Segera Menyebutkan Nama Baru Android Q, Apakah Itu?


harian44 - Google akhirnya telah mengumumkan nama dari perangkat Android terbaru yang saat ini dikenal dengan nama Android Q. Pengumuman ini sempat mengagetkan sebab perusahaan tersebut telah memutuskan untuk tidak lagi memakai nama makanan penutup (dessert) untuk Android.

Seperti yang kita diketahui, hingga sekarang, Android selalu memakai nama makanan penutup serta diatur untuk urut berdasarkan abjad. Namun mulai saat ini, pola penamaan itu telah resmi ditinggalkan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (23/8/2019), Android anyar yang juga akan di rilis tahun ini dengan memakai nama Android 10. Dengan kata lain, sistem operasi mobile yang rilis tahun depan ini akan diberi nama Android 11 dan seperti itu untuk seterusnya.

Keputusan dalam mengganti nama ini tidak lepas dari umpan balik untuk para pengguna. Menurut VP of Product Management Android, Sameer Samat, pemakaian nama seperti dessert untuk Android ternyata tidak selalu bisa dimengerti oleh masyarakat global.

Dia dapat mencontohkan, di beberapa bahasa, dalam pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata membuat pengguna cukup sulit membedakan beberapa versi Android.

Samat juga menjelaskan bahwa, tidak jarang saat ini nama Android Lollipop telahdiucapkan, cukup banyak orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat Android.

" Akan lebih sulit lagi bagi pengguna Android baru, yang tidak sama sekali tak mengetahui pola penamaan ini. Jadi mereka akan merasa sulit untuk mengetahui apakah smartphone-nya dapat menjalankan sistem terbaru, " tulis Samat.


Sejumlah itu, ada beberapa makanan yang digunakan untuk menggunakan nama Android ternyata tidak terlalu familiar bagi sejumlah orang. Sebagai contoh, “ pie “ juga tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan “ marshmallow “ tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

" Sebagai mana sebuah sistem operasi global, penting untuk dapat memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk merilis selanjutnya, Android akan dipanggil dengan sebutan Android 10," ucap Samat menjelaskan perubahan ini.

Menebak Nama Android Q


Keputusan Google dalam mengubah penamaan ini sekaligus untuk mengakhiri spekulasi mengenai nama yang akan dipakai di Android Q.

Sebelumnya, seperti yang dikutip dari The Verge, sebenarnya ada beberapa kandidat camilan yang berawalan dengan huruf Q untuk menjadi nama resmi yaitu Android Q.

Nama-nama camilan ini dapat berasal dari seluruh dunia, seperti Qurabiya, Quindim, Queen of Puddings, Qottab, Quesito, Queijandinha, Quirks, serta Quince.

Namun dengan adanya kepastian perubahan ini, nama-nama tersebut sudah tak lagi di pakai untuk Android.

Menurut beberapa informasi yang dilansir Android Authority, sebuah alasan yang di jadikan Google dalam memilih nama camilan untuk sistem operasinya semata-mata karena ketidaksengajaan.

Dijelaskan oleh juru bicara Google, Randall Sarafa, untuk konsep sistem operasi Android dengan nama camilan tercetus secara tidak sengaja dari tim kreatif internal Google.

" Hal seperti ini terjadi secara tak sengaja, pokoknya kami tiba-tiba saja spontan mencetuskan nama camilan. Jadi, untuk setiap sistem operasi yang dirilis kami selalu mencari nama camilan secara alfabetis," sebut Sarafa.

Daftar Lengkap Nama Sistem Operasi Android


Hanya sekadar informasi bahwa, untuk saat ini sudah ada sebelas nama sistem operasi Google yang diambil dari camilan manis serta menjadi hidangan penutup.

Android 1.0 dan 1.1 dengan dinamai Android Alpha dan Beta. Barulah setelahnya muncul lagi dengan nama Android 1,5 dengan nama Cupcake untuk Android C.

Berikut ini adalah Daftar lengkap nama Android secara alfabet:

-          Android 1.0 : Android Alpha

-          Android 1.1 : Android Beta

-          Android 1.5 : Android Cupcake

-          Android 1.6 : Android Donut

-          Android 2.0-2.1 : Android Eclair

-          Android 2.2-2.2.3: Android Froyo

-          Android 2.3-2.3.7: Android Gingerbread

-          Android 3.0-3.2.6:Android Honeycomb

-          Android 4.0-4.0.4: Android Ice Cream Sandwich

-          Android 4.1.-4.3.1: Android JellyBean

-          Android 4.4-.4.4.4: Android KitKat

-          Android 5.0-5.1.1: Android Lollipop

-          Android 6.0-6.0.1: Android Marshmallow


-          Android 7.0-7.1.2: Android Nougat