Sri Mulyani Kembali Terpilih Menjadi Mentri, Mencuri Perhatian Dunia


harian44 - Sri Mulyani kembali menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi. Ia terpilih sebagai menteri keuangan periode 2019-2024.

"Beliau menugaskan saya untuk tetap menjadi menteri keuangan," kata Sri di Istana Kepresidenan, Selasa (22/10/2019).

 Pelaku pasar menyambut positif langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat kembali Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan. Alasannya, untuk mengurus keuangan negara dibutuhkan sosok yang tegas dan memiliki kompentensi yang sesuai di bidangnya. Direktur PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) Endang Astharanti mengatakan merupakan kabar baik untuk pasar keuangan karena figur Sri Mulyani dianggap selalu mendukung pertumbuhan industri pasar keuangan domestik.

"Kemudian hal lain adalah walaupun kita tahu Ibu Sri Mulyani sangat ketat menjaga keuangan negara, namun juga pro terhadap growth, terhadap pasar. Itu kenapa kita di market happy kalau Ibu Sri Mulyani masuk lagi ke kabinet," kata Endang di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Baca Juga : Polisi Buru Tersangka Lain Kasus Penilapan Uang Nasabah BNI Ambon

"Senang sekali. Jadi kita menyambut gembira lah kalau sampai Ibu Sri Mulyani akhirnya kembali terpilih menjadi menteri keuangan. Keuangan negara, APBN, itu perlu dijaga oleh orang yang bisa assertive atau bisa tegas untuk menjaga keuangan negara," jelasnya.

 Terpilihnya Sri Mulyani sebagai menteri keuangan ternyata mencuri perhatian dunia. Sejumlah media asing mengangkat berita terkait pemilihannya.

Media Prancis, Euronews.com, mengangkat isu terpilihnya mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu itu dalam artikel berjudul "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister".

"Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan pada hari Selasa bahwa ia telah diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk tetap di posnya...," tulis Euronews.com yang dikutip Selasa (22/10/2019).

 Sementara dari Asia, New Straits Times, mengulas isu tersebut dalam "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister". Media Malaysia ini menyoroti bahwa calon menteri yang diundang ke Istana Presiden semuanya mengenakan kemeja putih dan sebagian besar menolak untuk mengkonfirmasi posisi yang ditawarkan menjelang pengumuman resmi pada Rabu, 23 Oktober 2019.

 Terpilihnya wanita Indonesia pertama yang pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia sebagai menteri keuangan juga mencuri perhatian Negeri Tirai Bambu. South China Morning Post memuatnya dalam tulisan berjudul "Indonesia’s Jokowi keeps finance minister with rock star appeal, Sri Mulyani, in new cabinet".

 Dari Inggris, kantor berita Reuters mengulas terpilihnya Sri Mulyani di periode kedua pemerintahan Presiden RI dalam tulisan bertajuk "Indonesia's Indrawati to stay on as finance minister".



 Terpilihnya wanita Indonesia pertama yang pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia sebagai menteri keuangan juga mencuri perhatian Negeri Tirai Bambu. South China Morning Post memuatnya dalam tulisan berjudul "Indonesia’s Jokowi keeps finance minister with rock star appeal, Sri Mulyani, in new cabinet".

 Media Kanada, BNN Bloomberg, juga turut menuliskan bahwa menteri keuangan terbaik Asia pada 2006 itu kembali terpilih sebagai menteri keuangan di Kabinet Indonesia Kerja jilid II, dengan "Indrawati Reappointed as Finance Minister in Indonesia Cabinet".

 Sri Mulyani menambahkan, jika dirinya diminta untuk menggunakan seluruh kebijakan untuk menjaga ketahanan ekonomi.

"Bekerja sama dengan menko perekonomian dalam rangka membangun ekonomi lebih baik," kata Sri Mulyani.

Namun sayang, setelah Sri Mulyani resmi menyatakan ditunjuk untuk menjadi menteri keuangan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) malah terkoreksi 0,28% ke level 6.181,48. Investor tampaknya melakukan profit taking, setelah IHSG menguat selama tujuh hari berturut-turut.

 Kabar Sri Mulyani akan kembali membantu Jokowi dan Ma'ruf Amin di Kabinet Kerja Jilid II disampaikan sendiri oleh perempuan kelahiran Tanjung Karang, Lampung, pada 26 Agustus 1962 itu usai datang ke Istana Merdeka.

Usai bertemu Jokowi, Sri Mulyani sempat menghindar dari pertanyaan media yang mencoba mengorek keterangan apakah dirinya kembali ditunjuk Presiden menjadi menteri.

"Enggak, enggak (bahas soal kabinet). Bahas tekstil kemarin," ucap Sri Mulyani singkat, pada Selasa, 15 Oktober 2019.