Cara Antisipasi Virus Corona, DPR Segera Meminta Pemerintah Cabut Bebas Visa China


harian44, Jakarta - Anggota dari Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Charles Honoris telah minta pemerintah untuk segera melakukan pencegahan virus Corona secara sistematis. Salah satunya dengan menggunakan cara mencabut visa bebas warga negara China jika ingin berkunjung ke Indonesia.

" Tentu tidak kami juga hanya sekadar memperketat semua pintu masuk dari beberapa tempat seperti dari bandara, pelabuhan atau juga telah menerbitkan travel advice buat WNI, namun saat ini kami juga telah memberlakukan kembali untuk visa kepada WN China, jika ada WN China yang ingin berkunjung ke Indonesia," tegas Charles, Senin (28/1/2020).

Dia menyebut bahwa, dengan adanya pemberlakukan kembali visa kunjungan bagi WN China yang telah dibebaskan pada tahun 2015 lalu, pemerintah juga dapat memperketat kembali masuknya warga dari wilayah-wilayah terdampak virus Corona yang ada di China. Seperti dari Kota Wuhan dan sekitarnya secara lebih intensif lagi.

" Tidak hanya sekadar mengandalkan alat thermo scanner yang ada di bandara atau juga di pelabuhan," ucap Charles.

Menurutnya, dalam keadaan darurat yang seperti ini, pemerintah juga memiliki kewajiban dalam melindungi warga negaranya sendiri. Sehingga, untuk segala tindakan yang akan diambil termasuk pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan bagi WN China juga sedang dalam rangka menjalankan kewajiban tersebut.


" Untuk China sendiri juga saat ini sudah melarang berbagai travel agent mereka untuk memberangkatkan warganya ke luar negeri, termasuk salah satunya Indonesia," tutur Charles.

Dia menambahkan, untuk pencabutan fasilitas bebas visa kunjungan untuk WN China juga merupakan salah satu hal wajar. Sebab, negara China hingga saat ini juga belum membebaskan visa bagi warga negara Indonesia.

" Pembebasan visa tersebut seharusnya dilakukan agar secara resiprokal demi martabat bangsa," tegas Wakil Ketua BKSAP DPR RI itu.

Masyarakat Jangan Panik

Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani telah mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak panik mengenai wabah virus Corona ini. Puan berpesan supaya semua warga dapat mengikuti panduan dari pihak kesehatan guna mencegah virus tersebut.

" Masyarakat tak jangan panik, ikuti prosedur pencegahan serta penanganan yang disarankan petugas kesehatan," ucap Puan, Selasa (28/1/2020).

Untuk mengatasi simpang siur dari beberapa informasi, dia telah meminta agar pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan membuat pernyataan tentang data yang sebenarnya tentang wabah virus Corona.

" Sekaligus kami akan segera memberi keyakinan dengan menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintah juga saat ini sedang bekerja untuk mencegah adanya masuk berwabah virus Corona tersebut," ucap Puan.